Show simple item record

dc.contributor.advisorHOBRI
dc.contributor.advisorCAHYA, Antonius
dc.contributor.authorYUNIAR, Devi
dc.date.accessioned2020-12-14T08:20:09Z
dc.date.available2020-12-14T08:20:09Z
dc.date.issued2020-01-08
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102627
dc.description.abstractStatistika merupakan salah satu pokok bahasan yang sangat erat kaitannya dengan kemampuan proses berpikir kreatif siswa. Lembar kerja yang digunakan guru pada kegiatan pembelajaran biasanya hanya berupa latihan soal dan rangkuman materi saja yang tidak mampu merangsang proses berpikir matematis siswa sehingga tidak dapat mengukur tingkat kreativitas, penalaran dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada kegiatan pembelajaran, siswa masih banyak yang merasa kesulitan saat berkolaborasi dalam kelompok dan cenderung mengabaikan temannya. Hal ini disebabkan karena perangkat pembelajaran yang dugunakan oleh guru masih kurang memfasilitasi siswa dalam berpikir kreatif serta berkolaborasi dan perasaan peduli dalam kelompok. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis LSLC pada pokok bahasan Statistika di kelas VII SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan menggunakan model Sequential Exploratory Design yaitu metode penelitian kombinasi yang menggabungkan secara berurutan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam hal ini metode penelitian pengembangan menggunakan metode kualitatif dengan model pengembangan Thiagarajan, Semmel & Semmel (4-D) sedangkan metode pada penelitian eksperimen menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A (17 siswa) SMP Islam (SMI) Lumajang tahun pelajaran 2019/2020. Data yang digunakan adalah hasil validasi xi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, hasil keterlaksanaan perangkat pembelajaran, hasil observasi aktivitas siswa, hasil observasi open lesson, hasil angket respon siswa, hasil tes hasil belajar, pre-test dan post-test. Hasil penelitian pengembangan Siklus II menunjukkan perangkat yang dihasilkan telah dinyatakan valid, praktis dan efektif. Adapun rata-rata validasi keseluruhan perangkat pembelajaran yaitu RPP, LKS dan THB berturut-turut 3,92; 3,94 dan 3,89. Sedangkan kepraktisan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,64 dengan kriteria tergolong tinggi dan jika ditinjau dari kegiatan open class menunjukkan bahwa guru peserta open lesson terinspirasi untuk menerapkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada mata pelajaran yang diampunya. Pada aspek keefektifan yang ditinjau dari hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan nilai sebesar 3,57 yang tergolong kategori aktif dengan hasil angket respon siswa menunjukkan ratarata jawaban siswa yang merespon positif adalah sebesar 92%. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa sebesar 0% siswa ada pada kategori tidak kreatif, 6% siswa berada pada kategori cukup kreatif dan 94% siswa kreatif. Kesemua aspek relatif mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan data pada Siklus I.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.subjectPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Statistikaen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Berbasis Lesson Study For Learning Community (Lslc) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Statistikaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record