dc.description.abstract | Fakta menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SDN Sumberejo 09 Ambulu
dinilai membosankan oleh kebanyakan siswa. Hal ini karena pembelajaran IPS
disampaikan dengan cara yang tidak menarik. Guru terkesan melakukan ceramah
monoton sehingga pembelajaran kurang menarik. Selain itu guru kurang memberi
kesempatan pada siswa untuk menemukan informasi atau pengetahuannya sendiri
sehingga membuat siswa pasif ketika mengikuti pembelajaran. Aktivitas belajar
dan minat siswa yang rendah terhadap pelajaran IPS berdampak pada rendahnya
hasil belajar. Berdasarkan uraian di atas, peneliti kemudian mengadakan
penelitian yang berjudul “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V
dalam Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kerajaan Hindu di Indonesia Melalui
Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Peta
dan Gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember”. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V
dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia melalui Student
Teams Achievement Division (STAD) dengan media peta dan gambar di SDN
Sumberejo 09 Ambulu - Jember? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar
siswa kelas V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia
melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan
media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember? Sedangkan
tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas
V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media peta
dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember. (2) untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di
Indonesia melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)
dengan media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 09 Ambulu kelas V
Semester Gasal yang terdiri 22 siswa, 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.
Siswa dibagi menjadi lima kelompok yang heterogen. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan masing masing siklus
terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai
tanggga1 1 Agustus 2011 sampai dengan 29 Oktober 2011. Subyek penelitian
adalah siswa kelas V Semester Gasal SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember. Data
yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan hasil tes individu.
Persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 59,09% dan siklus
II sebesar 72,72%. Selain aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar juga
mengalami peningkatan, pada pra siklus ketuntasan hasil belajar sebesar 41%
kemudian pada siklus I meningkat menjadi 54,54% dan siklus II meningkat lagi
menjadi 77,27%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapan
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
dengan media peta dan gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Melihat fakta yang seperti ini diharapkan siswa lebih semangat dalam
belajar dan saran yang diberikan yaitu agar guru dapat menggunakan
pembelajaran ini sebagai salah satu pembelajaran altrnatif dengan menggunakan
media. Peneliti lain juga dapat memperdalam penelitian tersebut tentunya dengan
pokok bahasan yang berbeda. | en_US |