Show simple item record

dc.contributor.authorAULIA RATRI MASITHA
dc.date.accessioned2013-12-19T01:43:25Z
dc.date.available2013-12-19T01:43:25Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210204277
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10242
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Kaliboto Lor 01, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan metode ceramah dan tanya jawab, penggunaan media dan alat peraga yang kurang menarik, serta pembelajaran PKn yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada di dalam buku paket. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata PKn yaitu melalui metode pembelajaran diskusi syndicate group. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan dan cara meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III mata pelajaran PKn tema lingkungan selama proses pembelajaran melalui metode diskusi syndicate group di SDN Kaliboto Lor 01 Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012?; (2) Bagaimanakah peningkatan dan cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran PKn tema lingkungan melalui metode diskusi syndicate group di SDN Kaliboto Lor 01 Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012? Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III-B dengan jumlah 29 siswa yang terdiri atas 14 laki- laki dan 15 perempuan di SDN Kaliboto Lor 01, Lumajang. Sumber data yaitu guru kelas III-B dan siswa kelas III-B SDN Kaliboto Lor 01, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara individu yaitu 34,48% sedangkan secara klasikal yaitu 54,30%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 51,72% sedangkan secara klasikal sebesar 17,25%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 48,27% sedangkan secara klasikal sebesar 71.03% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 27,59% sedangkan secara klasikal sebesar 4,72%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi syndicate group dengan materi nilai- nilai sumpah pemuda dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Kaliboto Lor 01, Jatiroto, Lumajang. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan suatu pembelajaran yang inovatif dan sekolah hendaknya dapat memberikan dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204277;
dc.subjectMelalui Metode Diskusi Syndicate Groupen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PKn TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE DISKUSI SYNDICATE GROUP DI SDN KALIBOTO LOR 011 KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record