dc.description.abstract | Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu pengetahuan,
ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran
mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih
sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran
dalam meyampaian materi pelajaran di sekolah. Hal ini menimbulkan kesulitan
tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang
menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran karena
guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga
hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Barat 01, motivasi belajar
siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah
pula. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sampai saat ini
peran guru sebagai subjek pembelajaran dan hanya sebagai transfer pengetahuan.
Guru masih menggunakan sistem konvensional, guru terlalu mendominasi kelas
sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Oleh karena
itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
pada mata IPS yaitu melalui model pembelajaran CTL berbantuan LKS. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil
belajar siswa dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL)
berbantuan LKS dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Persebaran SDA di
Lingkungan Setempat siswa kelas IV SDN Barat 01 Lumajang Tahun Pelajaran
2011/2012?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL)
berbantuan LKS dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Persebaran SDA di
Lingkungan Setempat siswa kelas IV SDN Barat 01 Lumajang Tahun Pelajaran
2011/2012. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dengan jumlah
12 siswa yang terdiri atas 6 laki-laki dan 6 perempuan di SDN Barat 01 Padang,
Lumajang. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Barat 01,
referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain
penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis persentase. Data hasil observasi pada siklus I
menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa secara individu yaitu 75% sedangkan
secara klasikal yaitu 66,25%. Pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami
peningkatan yaitu secara individu sebesar 91,67% sedangkan secara klasikal sebesar
77,5%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 58,33% sedangkan
secara klasikal sebesar 69,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu
secara individu sebesar 91,67% sedangkan secara klasikal sebesar 80,67%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran CTL berbantuan
LKS pada mata pelajaran IPS dengan materi Persebaran SDA di lingkungan Setempat
dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Barat 01
Lumajang. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan suatu
pembelajaran yang menyenamgkan dan sekolah hendaknya dapat memberikan
dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk
penelitian lebih lanjut. | en_US |