Show simple item record

dc.contributor.authorJATISUKAMTO, Gaguk
dc.contributor.authorNURKHOYIM K, Muhammad
dc.date.accessioned2020-12-04T02:06:55Z
dc.date.available2020-12-04T02:06:55Z
dc.date.issued2009-01-02
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102337
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan menganalisis tegangan dan regangan yang menyebabkan perpatahan poros lokomotif kereta api BB 30328 milik PT KAI DAOPS IX Jember. Metodologi pengolahan data menggunakan pendekatan metode elemen hingga dengan program Ansys 9.0. Untuk memudahkan identifikasi, pada poros dibagi menjadi segmen-segmen. Perpatahan riil poros terletak pada segmen D. Dari hasil analisis perhitungan diperoleh informasi sebagai berikut: 1) Laju puntiran poros terbesar terletak pada segmen D dan K, sebesar 4,45 x 10 rad/m. 2) Intensitas tegangan maksimum pada segmen D sebesar 0,16486 x 10 . 3) ( xy ) maks pada segmen D, sebesar -0,27439 x 10 7 N/m 2 ; ( xz ) maks pada segmen D, sebesar -0,77724 x 10 7 N/m 2 . 4) Intensitas regangan tertinggi pada segmen D sebesar 0,10963 x 10 -3 . 5) ( xy ) maks sebesar -0,36493 x 10 -4 -3 8 pada segmen D; ( yz = 0,10968 x 10 -4 pada segmen F. ( xz ) maks terletak pada segmen D, sebesar -0,10337 x 10 -3 . Kesimpulan: Segmen D adalah segmen poros dimensi terkecil mengalami intensitas tegangan maksimum, ( xy ) maksimum, ( xz ) maksimum, intensitas regangan maksimum, ( xy ) maksimum , dan ( xz ) maksimum. Peluang terjadinya perpatahan dapat terjadi pada segmen F karena harga ( yz ) maksimum, dan segmen K karena laju puntirannya maksimum, sehingga segmen-segmen ini dimungkinkan mengalami deformasi terbesar. Lokasi perpatahan hasil analisis perhitungan memberikan hasil yang sama dengan lokasi perpatahan riil.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Teknik Mesin ROTOR, Vol. 2, No. 1, Januari 2009en_US
dc.subjectSudut puntir porosen_US
dc.subjectintensitas teganganen_US
dc.subjecttegangan geseren_US
dc.subjectintensitas reganganen_US
dc.subjectintensitas reganganen_US
dc.titleAnalisis Tegangan dan Regangan pada Poros Lokomotif BB 30328en_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI1910101#Teknik Mesin
dc.identifier.nidnNIDN0009026907


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record