Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Ernawati
dc.date.accessioned2013-09-12T02:12:29Z
dc.date.available2013-09-12T02:12:29Z
dc.date.issued2013-09-12
dc.identifier.nimNIM090210204142
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1022
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas 3 SDN Ajung 04 Kalisat disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan minat siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan apa yang dipelajari oleh siswa hanya tertanam sebagai kalimat-kalimat hafalan saja. Akibatnya hasil belajar siswa rendah, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 60,15 yang mana dalam kategori ini, hasil belajar siswa masih tergolong dalam kategori cukup baik dan perlu adanya peningkatan hasil belajar agar diperoleh hasil belajar yang maksimal, khususnya dalam pembelajaran IPS di SDN Ajung 04 Kalisat. Siswa belum bisa menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan itu akan digunakan. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS pokok bahasan kerjasama di sekolah dengan metode simulasi pada siswa kelas 3 SDN Ajung 04 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Pembelajaran dengan metode simulasi merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan perencanaan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penerapan metode simulasi dalam pembelajaran, lebih berpusat pada pengembangan aktivitas dan kemampuan siswa, pengetahuan diperoleh dengan menemukan, melatih siswa untuk berfikir kritis, bekerjasama, kreatif, dan penilain didasarkan atas proses dan hasil pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Ajung 04 Kalisat Jember, dimulai pada tanggal 19 September 2011 sampai tanggal 10 Oktober 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I,dan II, analisis aktivitas selama proses pembelajaran IPS, analisis hasil belajar siswa, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis aktivitas siswa kelas 3 SDN Ajung 04 Kalisat selama pembelajaran IPS dengan metode simulasi. Nilai pencapaian aktivitas siswa dari siklus I, sebesar 35%, siklus II sebesar 95%. Hasil analisis persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Ajung 04 dalam pembelajaran IPS setelah menerapkan metode simulasi dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 55%, siklus II menjadi 95%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS dengan penerapan metode simulasi dalam pembelajaran dapat dijadikan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat kami sampaikan diantaranya, pembelajaran IPS dengan metode simulasi hendaknya diterapkan guru dalam mengajar di kelas sebagai variasi strategi pembelajaran dan mengurangi kejenuhan siswa selama kegiatan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204142;
dc.subjectMETODE SIMULASIen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SEKOLAH DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS 3 SDN AJUNG 04 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record