Show simple item record

dc.contributor.advisorBUDI, Sri Handono
dc.contributor.advisorSUBIKI
dc.contributor.authorKAMALI, Moch. Wildan
dc.date.accessioned2020-11-26T23:53:08Z
dc.date.available2020-11-26T23:53:08Z
dc.date.issued2020-07-17
dc.identifier.nimNIM140210102066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102194
dc.description.abstractPembelajaran fisika dalam kurikulum 2013 memiliki tujuan menguasai konsep, prinsip serta memiliki keterampilan dalam melakukan metode ilmiah. Metode ilmiah dalam pembelajaran fisika diarahkan kepada kemampuan prosedural berupa keterampilan kerja ilmiah. Keterampilan kerja ilmiah perlu diajarkan serta dikembangkan kepada siswa untuk mengarahkan mereka agar memiliki kemampuan seperti para ahli dalam menyelesaikan segala permasalahan sehari-hari dengan langkah-langkah mengamati suatu kejadian, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menerapkan konsep, merumuskan variabel, mendefinisikan operasional variabel, menyajikan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Untuk menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah tersebut, maka pembelajaran yang dilakukan berupa kegiatan praktikum. Pada dasarnya praktikum fisika dilakukan di laboratorium sekolah, akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan saat ini, telah dikembangkan software berupa media simulasi crocodile physics yang bisa menjadi rekomendasi serta alternatif sekolah dan guru fisika dalam melaksanakan pembelajaran praktikum berupa pengajaran, pengembangan dan penilaian kemampuan keterampilan kerja ilmiah siswa. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan yang pertama dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kemampuan keterampilan kerja ilmiah siswa saat menggunakan media simulasi crocodile physics. Tujuan kedua dari penelitian ini yaitu mengetahui adanya peningkatan kemampuan keterampilan kerja ilmiah siswa dari praktikum 1 ke praktikum 2. Tempat penelitian dan sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling area. Subjek penelitian menggunakan salah satu kelas X MIPA di SMAN Jenggawah berdasarkan rata-rata praktikum yang terbaik pada materi sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 mulai tanggal 16, 17, 23 dan 24 April 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penilaian lembar kerja praktikum dan penilaian lembar observasi selama kegiatan praktikum berlangsung. Hasil penelitian yang diperoleh, pertama kemampuan keterampilan kerja ilmiah siswa saat menggunakan media simulasi crocodile physics menunjukkan bahwa siswa sudah sangat terampil dalam merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengkomunikasikan data serta memiliki kemampuan terampil dalam menerapkan konsep, merumuskan variabel dan mendefinisikan operasional variabel. Sedangkan pada indikator menganalisis data dan membuat kesimpulan memiliki kemampuan cukup terampil. Kedua, Terdapat peningkatan kemampuan keterampilan kerja ilmiah siswa dari praktikum 1 ke praktikum 2 saat menggunakan media simulasi crocodile physics pada seluruh indikator. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis grafik trendline pada microsoft excel berupa besar nilai gradien atau kemiringan garis antar kedua grafik. Untuk indikator menganalisis data baik pada penilaian lembar kerja praktikum dan lembar observasi berdasarkan gradien garis antar kedua grafik terjadi peningkatan kemampuan yang relatif kecil. Berdasarkan uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi media simulasi crocodile physics dapat mendeskripsikan tingkat kemampuan keterampilan kerja ilmiah siswa dan implementasi media simulasi crococodile physics dapat meningkatkan kemampuan keterampilan kerja ilmiah dari praktikum 1 ke praktikum 2.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Fisikaen_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.subjectCrocodile Physicsen_US
dc.subjectKeterampilan Kerja Ilmiahen_US
dc.titleImplementasi Media Simulasi Crocodile Physics Terhadap Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Tumbukanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisika
dc.identifier.kodeprodi0210102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record