dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Ulum 02 kelas III yang terdiri 34 siswa, 17
siswa laki – laki, 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik analisis data \yang
digunakan yaitu deskripsi kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari ; aktivitas guru, aktivitas
siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa, berturut – turut menggunakan rumus:
, dan .
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 09 April 2012 sampai dengan 18 april
2012. Data yang dikumpulkan yaitu penialaian aktivitas siswa dan tes individu. Siklus I
pertemuan 1 aktivitas siswa mencapai 56,86%. Siklus I pertemuan 2 aktivitas siswa mencapai
63,07%. Siklus II pertemuan 1 aktivitas siswa mencapai 69,28%. Siklus II pertemuan 2 aktivitas
siswa mencapai 77,78%. Analisis hasil tes individu siklus I pertemuan 1 mencapai 67,65%,
siklus I pertemuan 2 mencapai 70,59%, siklus II pertemuan 1 mencapai 79,41% dan siklus II
pertemuan 2 mencapai 85,29%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil
belajar pada materi perkalian. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan permainan kartu
bergambar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk
belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga
dapat mengembangkan keterampilan social siswa. | en_US |