dc.description.abstract | Materi yang dimuat di dalam buku siswa kelas IV SD pada tema 6 Cita-citaku mata pelajaran Bahasa Indonesia KD 3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan dan 4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. Masih kurang adanya alat penunjang pembelajaran yang sesuai dengan daya kembang berpikir siswa salah satunya yaitu lembar kerja peserta didik.
Hal tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan wali kelas IV yaitu ibu Ismiyati di SDN Sumberpinang 2 yang menyatakan bahwa (1) masih kurangnya penggunaan LKPD sebagai alat penunjang pembelajaran; (2) media pembelajaran masih kurang; (3) pembelajaran hanya berpedoman pada buku guru dan buku siswa; (4) lembar kerja siswa yang digunakan adalah yang dibeli dari penerbit yaitu CV Bina Pustaka. Lembar kerja peserta didik yang digunakan tidak menarik minat siswa apabila hanya disajikan dalam bentuk soal teks. Perlu adanya lembar kerja peserta didik yang kreatif, inovatif, dapat menarik minat, visual dan daya ingat siswa sehingga siswa mampu mengerjakan soal-soal yang ada. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tema Cita-citaku Berbasis Komik Kelas IV SDN Sumberpinang 2”
Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses dan hasil pengembangan lembar kerja peserta didik tema cita-citaku berbasis komik kelas IV SDN Sumberpinang 2?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil dari pengembangan lembar kerja peserta didik tema cita-citaku berbasis komik yang efektif untuk digunakan. Metode pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis komik pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan oleh Borg & Gall. Penelitian ini terdiri atas 8 tahapan, yaitu 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan desain produk awal, 4) Uji coba lapangan awal, 5) Revisi hasil uji coba, 6) Uji coba lapangan, 7) Penyempurnaan produk hasil uji coba, dan 8) uji pelaksaan lapangan (uji keefektifan). Tahap ke 9 dan 10 yaitu penyempurnaan produk akhir dan desiminasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan dana yang dimiliki oleh peneliti.
Hasil dari proses penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan sebuah produk yang diuji coba pada siswa kelas IV A dan IV B di SDN Sumberpinang 2 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.
Hasil analisis data validasi lembar kerja peserta didik berbasis komik oleh validator mendapat persentase kelayakan 83,57% dengan kategori sangat valid. Validasi soal pada lembar kerja peserta didik berbasis komik yang diuji oleh validator mendapat persentase kelayakan 92,2 % dengan kategori sangat valid. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis komik layak untuk digunakan sebagai alat penunjang materi pembelajaran dan uji keefektifan lembar kerja peserta didik dilihat dari persentase hasil belajar siswa. Hasil pada penelitian ini mendapatkan persentase banyaknya siswa yang mendapatkan skor mencapai nilai KKM sebesar 85% dan 90% dengan interpretasi sangat baik.
Kesimpulkan dari penjelasan diatas yaitu lembar kerja peserta didik tema cita-citaku berbasis komik kelas IV SD valid, dan efektif untuk digunakan oleh guru untuk membantu proses pembelajaran.
Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu hendaknya guru dapat membuat lembar kerja peserta didik berbasis komik seperti pada penelitian ini pada mata pelajaran yang lainnya sehingga siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran, bagi peneliti hendaknya dapat membuat lembar kerja peserta didik dengan basis yang berbeda dan lebih berinovasi dan bagi peneliti lain hendaknya penelitian ini mampu dijadikan sebagai sumber penelitian. | en_US |