Show simple item record

dc.contributor.advisorHANDONO, Mardi
dc.contributor.advisorWIDIYANTI, Ikarini Dani
dc.contributor.authorARIANTO, Trio Tomy
dc.date.accessioned2020-11-17T02:39:30Z
dc.date.available2020-11-17T02:39:30Z
dc.date.issued2020-04-21
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101995
dc.description.abstractpengiriman barang yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Konsumsi masyarakat dalam penggunaan jasa ini terus meningkat seiring berkembangnya teknologi yang modern. Permasalahan yang kemudian muncul dalam kasus ini adalah konsumen yang melakukan pengiriman barang dengan menggunakan jasa perusahaan ekspedisi mengalami kerugian akibat adanya kelalaian dari pihak ekspedisi tersebut. Berdasarkan ketentuan Undang Undang nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menjelaskan bahwa hak-hak konsumen wajib terpenuhi, sedangkan dalam faktanya konsumen tidak mendapat haknya atas kehilangan barang yang diakibatkan kelalaian pelaku usaha. Atas permasalahan tersebut maka penulis membuat karya ilmiah dengan judul “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN ATAS KEHILANGAN BARANG OLEH PERUSAHAAN EKSPEDISI DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN”. Adapun rumusan masalah yang diangkat oleh penulis sebagai berikut yaitu Pertama, Apa akibat hukum bagi pelaku usaha perusahaan ekspedisi atas hilangnya barang konsumen ? Kedua, Bagaimana perlindungan konsumen yang mengalami kerugian akibat hilangnya barang pada perusahaan ekspedisi ? Ketiga, Bagaimana upaya penyelesaian yang dapat dilakukan oleh konsumen atas kerugian yang disebabkan hilangnya barang oleh perusahaan ekspedisi ?. Tujuan dari penulisan skripsi ini terbagi menjadi 2 (dua), yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum bersifat akademis, antara lain: memperoleh data dan informasi yang falid sebagai bahan utama untuk menyusun penulisan hukum sebagai syarat yang wajib terpenuhi dalam meraih gelar kesarjanaan di bidang ilmu hukum khususnya hukum pidana pada Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember; menambah, memperluas, serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan pemahaman penulis terhadap aspek hukum dalam teori dan praktek pada lapangan hukum di masyarakat. Adapun tujuan khususnya adalah menjawab rumusan masalah yang ada di dalam skripsi ini.Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan tipe penelitian yang bersifat yuridis normatif (legal research), yaitu penelitian yang ditujukan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma dalam hukum positif yang berlaku. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Bahan hukum penulis menggunakan tiga jenis bahan hukum, yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dengan menggunakan metode deduktif, yaitu metode penarikan kesimpulan dari permasalahan yang bersifat umum menuju permasalahan yang bersifat khusus.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherKementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas Jember Fakultas Hukum 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160710101028;
dc.subjectjasa pengiriman barangen_US
dc.subjecthak-hak konsumenen_US
dc.subjectjasaen_US
dc.titlePerlindungan Hukum Terhadap Konsumen Yang Dirugikan Atas Kehilangan Barang Oleh Perusahaan Ekspedisi Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Legal Protection of Consumers for Loss of Goods by Expedition Companies Reviewed From Law Number 8 of 1999 Concerning Consumer Protectionen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi7101010


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record