• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesesuaian Antara Muatan Isi Buku Siswa Kelas VI Tema 4 Globalisasi dengan Kurikulum 2013

    Thumbnail
    View/Open
    Intan Melani Putri - 160210204061 - PGSD.pdf (5.751Mb)
    Date
    2020-05-15
    Author
    PUTRI, Intan Melani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku siswa yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan buku pedoman pembelajaran bagi siswa yang menggunakan pendekatan tematik dengan melibatkan keaktifan siswa dan kegiatan yang menyenangkan. Siswa tidak hanya didorong untuk mengetahui, namun belajar untuk melakukan, belajar untuk menjadi, dan belajar untuk hidup bersama, namun berdasar pengakuan pengguna yaitu guru kelas VI SDN Jember Lor 05 bahwa isi buku siswa kelas VI terlalu mendasar atau kurang luas dan mendalam dalam segi materi, sehingga guru dan siswa perlu menggunakan buku dari sumber lain untuk membantu menunjang proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya evaluasi pada buku siswa yang bertujuan untuk mengevaluasi apakah muatan isi dalam buku siswa sudah sesuai dengan standar kurikulum 2013, sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa. Evaluasi ini dilakukan pada buku siswa kelas VI tema 4 Globalisasi edisi revisi tahun 2018. Kesesuaian buku siswa dengan Kurikulum 2013 memiliki beberapa indikator untuk diteliti antara lain: keluasan materi, kedalaman materi, kesesuaian materi dengan aspek pengetahuan, kesesuaian kegiatan dengan pendekatan saintifik, serta kesesuaian ilustrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi-kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yakni instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu instrumen kesesuaian isi buku siswa dengan kurikulum 2013, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan analisis isi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi instrumen kesesuaian isi buku siswa dengan kurikulum 2013 yang telah divalidasi oleh dua validator dari dosen PGSD UNEJ diperoleh skor 86,25 yang termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101951
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository