• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesesuaian Antara Materi Buku Ajar Siswa Kelas VI Tema 7 Kepemimpinan Dengan Kurikulum 2013

    Thumbnail
    View/Open
    Gianina Febrian Anggrelia Putri - 160210204044.pdf-.pdf (1.867Mb)
    Date
    2020-04-25
    Author
    PUTRI, Gianina Febrian Anggrelia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku siswa tematik kurikulum 2013 edisi revisi 2018 merupakan buku pegangan untuk siswa. Buku siswa harus disesuaikan dengan kurikulum 2013 dalam pemenuhan konten materi sebagaimana tercantum dalam standar kompetensi lulusan, standar isi, dan standar proses yang ditetapkan oleh peraturan menteri sebagai penunjang proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Informasi yang didapatkan dari hasil wawancara dengan guru kelas VI SDN Jember Lor 05 sebagai pengguna buku siswa, bahwa materi dalam buku siswa sangat mendasar, kurang luas dan kurang mendalam, selain itu dalam penggunaan buku siswa guru pernah menemukan beberapa ketidaksesuaian diantaranya mengenai materi dengan pencapaian KD dan beberapa gambar yang tersaji pada buku siswa terkadang kurang sesuai dengan penjelasan materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kesesuaian antara materi dengan KD, keluasan materi, kedalaman materi, aspek pengetahuan, dan ilustrasi dalam buku ajar siswa kelas VI Tema 7 Kepemimpinan dengan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Kesesuaian materi yang dianalisis dalam penelitian ini berpedoman pada Kurikulum 2013 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar, standar kompetensi lulusan, standar isi, serta standar proses yang telah ditetapkan oleh Permendikbud tahun 2016. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar analisis data kesesuaian materi buku siswa dengan kurikulum 2013. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) yang terdiri dari 4 tahap yaitu pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang dianalisis adalah kesesuaian materi buku siswa kelas VI tema 7 kepemimpinan edisi revisi 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi dengan KD dalam kurikulum 2013 dikategorikan sangat sesuai, ditunjukkan adanya persentase sebesar 83,3%. Materi pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan SBdP yang termuat pada buku siswa kelas VI tema 7 kepemimpinan dalam pengaitan materi dari materi sebelumnya ke materi selanjutnya sudah terlihat, akan tetapi untuk pengintegrasian dalam sebuah tema belum sepenuhnya terlihat karena untuk materi pelajaran IPS dan IPA masih terlihat berdiri sendiri walapun materi pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dan SBdP sudah terintegrasi dengan baik sesuai dengan tema kepemimpinan, keluasan materi dalam kurikulum 2013 dikategorikan sesuai, ditunjukkan adanya persentase sebesar 64,7%, kedalaman materi dalam kurikulum 2013 dikategorikan sesuai, ditunjukkan adanya persentase sebesar 75,8%, kesesuaian materi dengan aspek pengetahuan dalam kurikulum 2013 dikategorikan sesuai, ditunjukkan adanya persentase sebesar 76,6%, kesesuaian materi dengan ilustrasi dikategorikan sangat sesuai, ditunjukkan adanya persentase sebesar 84,1%. Kesimpulan hasil penelitian adalah kesesuaian materi dengan KD diperoleh persentase sebesar 83,3% dapat dikategorikan sangat sesuai, keluasan materi diperoleh persentase sebesar 64,7 % dapat dikategorikan sesuai, kedalaman materi diperoleh persentase sebesar 75,8% dapat dikategorikan sesuai, aspek pengetahuan diperoleh persentase sebesar 76,6% dapat dikategorikan sesuai, dan kesesuaian ilustrasi diperoleh persentase sebesar 84,1% dapat dikategorikan sangat sesuai. Saran yang dapat diambil adalah bagi guru, guru harus memperhatikan secara detil materi yang ada di dalam buku yang akan digunakan sehingga dapat dijadikan acuan dalam melengkapi kekurangan yang terdapat dalam buku siswa tersebut untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai kurikulum 2013, bagi peneliti, diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan mengenai kualitas buku yang akan digunakan, dan bagi peneliti lain, diharapkan dapat menjadi referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya yang relevan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101905
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository