• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Aerodinamika Aileron Pesawat n2xx Dengan Metode Computational Fluid Dynamics

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Nur Rahmah-161910101078 Sdh.pdf (2.926Mb)
    Date
    2020-07-02
    Author
    Rahmah, Siti Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pesawat N2XX adalah pesawat perintis buatan PT. Digantara Indonesia yang bekerjasama dengan LAPAN. Pesawat ini berkapasitas 19 penumpang yang dilengkapi dua buah turboprop. Keunggulan yang dimiliki pesawat ini adalah kemampuan Short Take Off and Landing (STOL) yang dapat melakukan lepas landas dan mendarat pada landasan pacu yang terbatas. Pesawat ini terus dilakukan pengembangan dan pengkajian guna penyempurnaan di berbagai bidang. Penelitian ini mengkaji pada bidang aerodinamika terkait fenomena aerodinamika yang terjadi pada pesawat terbang. Pesawat terbang memiliki sistem kendali yang berfungsi untuk mengontrol gerakan pesawat. Sistem kendali mengendalikan pesawat melalui control surface. Control surface umumnya terdiri dari aileron (roll), elevator (pitch), rudder (yaw). Penelitian ini akan mengkaji terkait efektivitas aileron terhadap pengaruh luasan permukaan aileron. Nilai koefisien hinge moment pada aileron akan menentukan besaran wheel force yang terjadi pada stick pilot. Perubahan luasan aileron dilakukan dengan menggabungkan vane pada bagian leading edge aileron. Variasi defleksi aileron dilakukan sebagai variabel yang telah ditentukan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi dua dimensi menggunakan Computational Fluid Dynamis (CFD) komersial. Penelitian ini berusaha untuk mengoptimasikan nilai koefisien hinge moment (Chm) pada aileron Pesawat N2XX. Validasi terhadap meshing yang digunakan dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan simulasi terhadap aileron Pesawat N2XX. Validasi berupa data koefisien lift (Cl) hasil simulasi dengan data Wind Tunnel Test (WTT) dengan standar Y+ meshing. Simulasi aileron dilakukan dengan menggunakan meshing Y+ yang memiliki error Cl terkecil.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101636
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository