dc.description.abstract | Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya bergantung
Dalam sebuah organisasi khususnya organisasi yang digerakkan oleh instansi
pemerintahan seharusnya terwujud sikap profesionalisme dari setiap lini
pegawainya, dengan demikian tentu akan terwujud suatu kualitas pelayanan yang
baik, melebihi standar pelayanan yang telah ada. Suatu organisasi pemerintah
dikatakan baik maupun tidaknya tergantung dari pegawai atau SDM yang
mengelola didalamnya, maka dengan adanya peningkatan profesionalisme
pegawai diharapkan organisasi tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik
ataupun berkualitas sehingga dapat meningkatkan keunggulan daya saing terhadap
organisasi lainnya terutama organisasi pemerintahan serta dapat memuaskan
masyarakat atau pelanggan yang terkait di dalam sebuah organisasi tersebut.
Profesionalisme dapat diukur melalui dua indikator yaitu kemampuan pegawai,
dan etika profesi pegawai. Sedangkan kualitas pelayanan dapat diukur melalui
lima indikator kualitas pelayanan yaitu Team Work
Kualitas pelayanan yang diinginkan masyarakat adalah pelayanan yang
sesuai harapan maupun melebihi standar pelayanan yang ada. Namun saat ini apa
yang diinginkan masyarakat belum semuanya terpenuhi itu disebabkan adanya
tingkat profesionalisme pegawai yang kurang. Padahal dalam sebuah organisasi
pemerintahan baik buruknya pelayanan yang diberikan tergantung SDM yang ada
di dalamnya yaitu para pegawai, dan untuk tetap menyemangati, mendorong
vii
pegawai tetap semangat bekerja pada aturan yang telah ditetapkan sesuai standar
operasional prosedur organisasi atau perusahan yakni dengan menerapkan etika
profesi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
profesionalisme pegawai terhadap kualitas pelayanan kepada pasien rawat inap di
RSUD dr. Abdoer Rahem Kabupaten Situbondo. Adapun data-data yang
diperoleh oleh penulis adalah berupa data tentang keadaan pegawai di RSUD dr.
Abdoer Rahem Kabupaten Situbondo Tahun 2012 dan struktur organisasi rumah
sakit. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data kuantitatif yaitu dengan
mengumpulkan data-data yang diperoleh dari 100 orang pegawai Rumah Sakit
Umm Daerah
2
hitung lebih besar atau sama dengan X
tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima (
penelitian ini dipercayai kebenarannya sebesar 95%, sedangkan taraf
ketidakpercayaan sebesar 5% atau α = 0,05 dan db = 2. Berdasarkan hal tersebut
diperoleh harga Chi Kuadrat sebesar 33,71 sedangkan X
viii
2
hitung/observasi lebih
besar dari Chi Kuadrat
2
2
hitung lebih besar dari pada
X
2
tabel. Maka hipotesa alternative..Dengan demikian berarti
terdapat Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pegawai di RSUD
dr. Abdoer Rahem Kabupaten Situbondo. | en_US |