Show simple item record

dc.contributor.advisorFitriyah, Chumi Zahroul
dc.contributor.advisorPuspitaningrum, Dyah Ayu
dc.contributor.authorNovitasari, Ratih
dc.date.accessioned2020-11-03T01:37:01Z
dc.date.available2020-11-03T01:37:01Z
dc.date.issued2020-07-03
dc.identifier.nim160210204029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101570
dc.description.abstractPembelajaran tematik terpadu merupakan proses pembelajaran yang menggabungkan mata pelajaran yang saling berkaitan sehingga peserta didik menjadi bermakna dalam pembelajarannya. Proses pembelajaran yang digunakan saat ini berpacu pada kurikulum 2013. Pembelajaran K13 salah satu pendukung berjalannya proses pembelajaran yaitu siswa terlibat aktif akan tetapi, di lapangan jarang siswa aktif dalam pelaksanaannya. Hasil wawancara dan observasi di MI Unggulan Nuris Jember siswa memerlukan dorongan, pancingan, bahkan paksaan untuk memahami pembelajaran agar aktif di dalam kelas. Guru berperan penting dalam proses pembelajaran dan diperlukan kreatifitas untuk merencanakan pembelajaran agar pembelajaran mudah dipahami dan bermakna sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Salah satu aspek yang dapat membantu mengoptimalkan pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan salah satu alternatif yang digunakan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV di MI Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV di MI Unggulan Nuris Jember tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental dengan pola pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IVA dan IVB di MI Unggulan Nuris Jember yang berjumlah 65 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan tes hasil belajar pretest posttest.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectMedia Wayangen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Wayang Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman DI Negeriku Pada Siswa Kelas IV DI MI Unggulan Nuris Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasar
dc.identifier.kodeprodi0210204


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record