Show simple item record

dc.contributor.advisorSIDIQ, Mahfudz
dc.contributor.authorFIKRI, Rianfi Mardiansyah
dc.date.accessioned2020-11-03T01:08:52Z
dc.date.available2020-11-03T01:08:52Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101553
dc.description.abstractSetiap anak dilahirkan ke dunia dengan kondisi yang berbeda satu sama lain. Mereka tidak pernah tau dan tidak bisa memilih akan terlahir dari orang tua atau keluarga dengan kondisi yang seperti apa. Selain itu, mereka juga tidak tahu akan terlahir dengan fisik lengkap sempura atau dengan kondisi yang “istimewa”. Terlepas dari pemahaman tentang kehidupan anak-anak yang berbeda-beda, setiap anak harus terpenuhi hak-haknya. Salah satu haknya yaitu hak memperoleh pendidikan. Upaya pemenuhan hak dalam bidang pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus seperti yang dilakukan di SMP Inklusi TPA Kabupaten Jember. Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang diselenggarakan SMP Inklusi TPA Kabupaten Jember mampu membantu menumbuhkan dan mengembangkan kepribadian dan kemampuan serta keterempilan dalam melaksanakan peranan dan fungsi siswa siswi ABK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis secara mendalam tentang upaya pemenuhan hak dalam bidang pendidikan bagi ABK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi deskritptif. Penentuan informan dalam penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analis data menggunakan reduksi data, penyajian data, ferivikasi, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsaan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hak anak berkebutuhan khusus terpenuhi dengan baik secara adil di SMP Inklusi TPA Kabupaten Jember upayauapaya pemenuhan hak yang dilakukan meliputi hak memperoleh pembelajaran dan penilaian di kelas, hak menumbuh kembangkan bakat, minat, dan kemampuan, dan hak memperoleh kesempatan tampil atau berekspresi yang sama dengan siswa reguler. Adapun hak tersebut dipenuhi dengan upaya antara lain modifikasi kebjikan dn kurikulum sekolah, optimalisasi peran seluruh pihak sekolah, mengadakan kegiatan sekolah yang bersifat inklusif, dan melakukan evaluasi terhadap hail belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries130910301047;
dc.subjectPemenuhan Haken_US
dc.subjectAnak Berkebutuhan Khususen_US
dc.subjectPendidikan Bagi Anaken_US
dc.titleUpaya Pemenuhan Hak Dalam Bidang Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Pada SMP Inklusi Taman Pendidikan dan Asuhan/ TPA Kabupaten Jember)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record