dc.description.abstract | Penggunaan model dan metode yang kurang tepat dapat mempengaruhi
pembelajaran di kelas, sehingga menyebabkan beberapa permasalahan di kelas.
Permasalahan yang terjadi di kelas berdasarkan hasil ulangan sebelumnya mata
pelajaran Biologi di Kelas XIC SMAU BPPT Darus Sholah Jember. Hasil ratarata kelas menunjukkan kelas XIC SMAU BPPT Darus Sholah Jember memiliki
nilai rata-rata terendah dibandingkan kelas lainnya yaitu sebesar 72,9 dari 20
siswa. Jumlah siswa yang tuntas adalah 8 orang dengan persentase 40%,
sedangkan untuk siswa yang tidak tuntas jumlahnya lebih banyak dibandingkan
jumlah siswa yang tuntas yaitu 12 siswa dengan persentase 60%. Pada saat
dilakukannya proses observasi, siswa termasuk dalam kriteria kurang aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran Biologi menggunakan model pembelajaran Example non
Example dengan Teknik Mind Mapping untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Kelas XIC pada materi sistem gerak di kelas XIC SMAU BPPT Darus Sholah
Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model siklus Hopkins yang berbentuk spiral. Rancangan penelitian
tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya.
Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (Planning), tindakan (action),
pengamatan (obsevation) dan refleksi (reflection). Tahapan pada siklus berikutnya
adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Demikian untuk siklus berikutnya sampai peningkatan diharapkan tercapai.
Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2
pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk ulangan harian akhir
siklus.Jika pada siklus 1 hasil belajar biologi siswa tuntas, maka siklus 2 akan
tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. rancangan pembelajaran yang diterapkan pada dasarnya
hampir sama namun sudah ada perbaikan dari siklus sebelumnya.
Pada penerapan model pembelajaran Example non Example dengan teknik
mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek afektif maupun
kognitif kelas XIC tahun pelajaran 2018-2019 pada materi “Sistem Gerak” di
SMAU BPPT Darus Sholah Jember. Peningkatan hasil belajar kognitif terlihat
dari rata-rata prasiklus 72,9 (40%), yang kemudian pada siklus I terjadi
peningkatan menjadi 75,35 (55%), dan peningkatan hasil belajar tertinggi terjadi
dari prasiklus ke siklus II yaitu rata-ratanya sebesar 79,25 (80%).
Pada penerapan model pembelajaran Example non Example dengan teknik
mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sistem gerak di
SMAU BPTT Darus Sholah Jember. Peningkatan Peningkatan hasil belajar afektif
terlihat dari rata-rata prasiklus, sebesar 77,8%, rata-rata kelas sebesar 77,80.
kemudian pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 82,9% , dari sebesar 82,94,
sehingga terdapat peningkatan rata-rata kelas sebesar 5,14.
Kesimpulan hasil penelitian yaitu : terdapat peningkatan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran Biologi menggunakan model pembelajaran Example Non
Example dengan teknik Mind Mapping pada materi sistem gerak di kelas XIC
SMAU BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2018/2019. | en_US |