Show simple item record

dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.advisorNINGSIH, Yuni Fitriyah
dc.contributor.authorRIZKY, Clariza Zakiah Laila
dc.date.accessioned2020-11-02T02:41:39Z
dc.date.available2020-11-02T02:41:39Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101490
dc.description.abstractBuku siswa terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan merupakan buku tematik yang memuat materi pembelajaran dan digunakan untuk memaksimalkan pembelajaran. Buku teks siswa berisi materi, kegiatan, dan evaluasi yang disesuaikan dengan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa. Implementasi Kurikulum 2013 mengharuskan guru untuk menganalisis isi buku terlebih dahulu agar tidak ada kerancuan dalam penyampaian materi namun, berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Gumelar 02 bahwa guru pernah menemukan kerancuan materi pada buku siswa tema lain. Kerancuan tersebut berupa ketidaksesuaian ilustrasi dan materi. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya analisis pada buku siswa untuk mengetahui kelayakan isi dalam buku tersebut apakah sudah sesuai dengan kurikulum 2013 sehingga sudah menunjang kebutuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan isi buku siswa kelas IV SD/MI tema cita-citaku terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan edisi revisi 2017. Analisis dilakukan pada buku siswa kelas IV Tema Cita-citaku edisi revisi 2017. Kelayakan isi buku siswa berdasarkan Kurikulum 2013 memiliki beberapa indikator untuk diteliti antara lain: kesesuaian materi dengan KD (keluasan materi), kedalaman materi, kesesuaian materi dengan ilustrasi gambar, dan kesesuaian materi dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu instrumen kelayakan isi buku siswa dengan kurikulum 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dan dokumen sedangkan teknik analisis data berupa analisis isi atau dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan isi pada buku siswa Tema Cita-citaku dengan kurikulum 2013 diperoleh skor pada masing-masing indikator sebagai berikut; (1) Kesesuian materi dengan KD diperoleh persentase sebesar 97,87% dan dikategorikan sangat layak. Ketidaksesuaian materi dengan KD diperoleh persentase sebesar 2,33%; (2) Kedalaman materi diperoleh persentase sebesar 60,10% dan dikategorikan layak; (3) Kesesuaian materi dengan ilustrasi gambar diperoleh persentase sebesar 97,87% dan dikategorikan sangat layak. Ketidaksesuaian materi dengan ilustrasi gambar diperoleh persentase sebesar 2,12%; (4) Kesesuaian materi dengan pendekatan saintifik diperoleh persentase sebesar 96,67% dan dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang diperoleh yaitu buku siswa kelas IV SD/MI tema cita-citaku sangat layak untuk digunakan. Saran bagi guru, dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan menambah materi yang ada di dalam buku sebagai bahan ajar. Selain itu, diharapkan juga guru dapat lebih kreatif dalam mencari sumber belajar yang akan digunakan sehingga tujuan dan indikator pembelajaran dapat tercapai. Bagi pengawas sekolah, dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat mengevaluasi dan meningkatkan kualitas proses dan hasil prestasi belajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan penelitian lain yang sejenis. Bagi penerbit buku, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan buku tematik kelas IV edisi selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries160210204078;
dc.subjectAnalisis Kelayakanen_US
dc.subjectIsi Buku Teksen_US
dc.subjectCita-Citakuen_US
dc.titleAnalisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku Berdasarkan Kurikulum 2013en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record