Show simple item record

dc.contributor.advisorUmamah, Nurul
dc.contributor.advisorSumardi
dc.contributor.authorFarizi, Shohib Furqon
dc.date.accessioned2020-10-31T18:48:34Z
dc.date.available2020-10-31T18:48:34Z
dc.date.issued2020-04-29
dc.identifier.nim160210302011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101452
dc.description.abstractKeterampilan utama dalam pembelajaran sejarah yakni kemampuan Historical Analysis. Permasalahan yang diperoleh dari observasi awal yang dilakukan di tiga sekolah yaitu MAN 1 Probolinggo, MAN 2 Probolinggo, dan MAN 2 Kota Probolinggo antara lain menjelaskan permasalahan pembelajaran sejarah yakni antara lain (1) 88% Implementasi media dalam pembelajaran hanya menggunakan media power point, peta konsep sehingga peserta didik kurang daya tarik dalam pembelajaran; (2) 75% membutuhkan media pembelajaran yang berbasis teknologi dengan menggunakan E-Learning; (3) 81% membutuhkan pembelajaran yang berinovasi menggunakan dengan Handphone, Internet. Hasil analisis karakteristik peserta didik yang dilakukan pada tiga MA Negeri di Probolinggo yaitu MAN 1 Probolinggo, MAN 2 Probolinggo, MAN 2 Kota Probolinggo menunjukkan: hasil angket kemampuan awal dan karakteristik umum yaitu 75% peserta didik hanya dapat mengingat dan menyebutkan 1-3 Kerajaan Maritim di Indonesia dan 25% menjawab tidak mengetahui. Berdasarkan analisis angket gaya belajar yaitu di peroleh gaya belajar visual sebesar 52,33% , gaya belajar audio sebesar 22,33 % dan kinestetik sebesar 25,33%. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning dapat menjadi salah satu referensi untuk memperkaya media pembelajaran dan meningkatkan kemampuan Historical Analysis dengan menggunakan langkah-langkah metode Discovery Learning. Tujuan Penelitian antara lain 1) Menghasilkan produk yang tervalidasi berupa media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran sejarah Kelas XI MA menggunakan Model ASSURE. 2) Meningkatkan kemampuan Historical Analysis peserta didik pada mata pelajaran sejarah melalui penggunaan media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ASSURE. Model ASSURE terdiri atas enam tahapan sebagai berikut: (1) Analyze learner characteristic (2) State performance objective; (3) Select methods, media, and materials; (4) Utilize materials; (5) Requires learner participation dan (6) Evaluate and revize. Hasil dari ahli isi bidang studi mencapai persentase 80% dengan kualifikasi baik, validasi ahli desain pembelajaran mencapai persentase 89% dengan kualifikasi sangat baik dan validasi bahasa mencapai persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Keberhasilan Schoology berbasis Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan Historical Analysis peserta didik dapat dilihat dari persentase yang diperoleh dalam uji coba kelompok kecil dan uji coba Lapangan. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh peningkatan kemampuan Historical Analysis peserta didik sebesar 77,117% dengan kualifikasi tinggi dan pada uji coba Lapangan diperoleh peningkatan Historical Analysis sebesar 78,73% dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diambil kesimpulan: (1) Media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah dan (2) Media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning yang dikembangkan dapat meningkatkan Historical Analysis peserta didik. Adapun saran-saran pemanfaatan Schoology berbasis Discovery Learning adalah sebagai berikut: 1) Pendidik diharapkan mampu menjadi fasilitator yang baik dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan; 2) Pendidik mampu mengkondisikan kelas pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung agar lebih efektif; 3) Pendidik diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang inovatif dengan berbagai bahan ajar, media pembelajaran, dan metode pembelajaran yang lebih bervariasi.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Sejarahen_US
dc.subjectSchoology Berbasis Discovery Learningen_US
dc.subjectHistorical Analysisen_US
dc.subjectModel ASSUREen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Sejarah Schoology Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Historical Analysis Dengan Menggunakan Model ASSUREen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record