Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorKurniasih, Fitria
dc.contributor.authorKovabilano, Deptyan Nova
dc.date.accessioned2020-10-31T14:09:46Z
dc.date.available2020-10-31T14:09:46Z
dc.date.issued2020-05-12
dc.identifier.nim160210204063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101437
dc.description.abstractSalah satu sumber belajar yang praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah buku teks. Sebaiknya guru harus mampu memilih buku teks yang berkualitas dan sesuai dengan kemampuan siswanya. Salah satu aspek yang harus dipertimbangkan guru dalam memilih buku teks adalah aspek keterbacaan buku. Berdasarkan pengalaman saya KK-PLP muncul kecurigaan terhadap rendahnya keterbacaan buku teks di sekolah dasar. Informasi tersebut, diketahui dari beberapa siswa sekolah dasar masih kesulitan dalam menangkap isi bacaan yang terdapat dalam wacana yang disajikan dalam buku teks. Padahal, sebagian besar materi dalam buku teks disajikan dalam bentuk bacaan berupa wacana. Wacana-wacana tersebut terletak pada bagian isi buku teks, yaitu bagian paling penting dalam buku teks. Di sisi lain, sekolah dasar kelas 5 merupakan awal siswa belajar pada tingkat pemahaman, lebih khusus pada kegiatan membaca. Artinya, jika siswa kesulitan memahami wacana-wacana tersebut maka siswa akan kesulitan menguasai materi pelajaran. Saat ini, buku teks yang banyak digunakan adalah buku teks kurikulum 2013. Salah satu alat ukur keterbacaan adalah teknik cloze. Teknik cloze digunakan karena melibatkan siswa (pembaca) secara langsung dalam mengukur keterbacaan buku teks. Kajian pada penelitian ini difokuskan pada bagian isi buku teks yang berupa wacana dan cara analisisnya yaitu dengan menggunakan teknik cloze. Berdasararkan fokus tersebut, terdapat dua rumusan masalah yaitu: 1) bagaimanakah tingkat keterbacaan buku teks kurikulum 2013 tema 5 kelas V berdasarkan teknik cloze? dan 2) bagaimanakah ketepatan kata isian dalam tes cloze berdasarkan kategori katanya?. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan kuantitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknis tes yaitu tes cloze yang diteskan pada siswa kelas 5 SDN Kebonsari 05. Terdapat 16 macam tes cloze yang diteskan. Data penelitian yang berupa isian siswa pada rumpangan tes cloze kemudian dianalisis sesuai prosedur analis cloze. Selain itu, ketepatan isian siswa juga dianalisis berdasarkan kategori katanya Keterbacaan buku teks kurikulum 2013 tema 5 kelas V masuk dalam kategori independen. Kategori independen didapatkan dari analisis tes cloze yang diteskan kepada 23 siswa. Secara keseluruhan, skor yang didapatkan adalah 27677,4, sedangkan skor maksimalnya 36800 dan didapatkan skor keterbacaan dengan persentase 75,1%. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dugaan awal bahwa tingkat keterbacaan buku teks kurikulum 2013 tema 5 kelas V tidak sesuai. Ketepatan kata isian yang dianalisis berdasarkan kategori katanya menunjukkan bahwa siswa cukup mampu mengisi kata-kata yang dilesapkan. Dari 3795 lesapan, siswa mampu mengisi 2778 lesapan dengan tepat. Persentase ketepatannya adalah 73,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran. 1) Guru hendaknya, memperhatikan keterbacaan buku teks, lebih khusus guru yang menggunakan buku teks kurikulum 2013 tema 5 kelas V. Perhatian lebih sebaiknya diberikan guru pada wacana-wacana yang keterbacaannya kurang baik dan kategori-kategori kata yang ketepatannya rendah. 2) Peneliti lain dapat melakukan penelitian keterbacaan dengan kajian yang lebih luas misalnya, menganalisis aspek keterbacaan pada bagian-bagian buku teks, mengukur keterbacaan buku teks menggunakan alat ukur lain, dan meneliti pengaruh tingkat keterbacaan bacaan terhadap tingkat pemahaman siswa (pembaca).en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTingkat Keterbacaanen_US
dc.subjectWacana Buku Teksen_US
dc.subjectTeknik Clozeen_US
dc.titleTingkat Keterbacaan Wacana Buku Teks Kurikulum 2013 Tema 5 Kelas V SDN Kebonsari 05 Tahun Pelajaran 2019/2020 Berdasarkan Teknik Clozeen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record