Show simple item record

dc.contributor.authorDian Andriani
dc.date.accessioned2013-09-11T02:59:01Z
dc.date.available2013-09-11T02:59:01Z
dc.date.issued2013-09-11
dc.identifier.nimNIM090210204134
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1013
dc.description.abstractMetode Actual Learning merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS, yang membawa siswa belajar dengan suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Biasanya pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih berpusat pada buku teks dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran yang menggunakan metode ceramah dan penugasan dengan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru. Kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang berminat mengikuti kegiatan pembelajaran dalam kelas. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Actual Learning dengan menggunakan media benda konkrit. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan metode actual learning mata pelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang ?, 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas 3 dengan metode actual learning dengan menggunakan media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang ? Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk menerapkan metode actual learning dalam mata pembelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang, 2)Untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas 3 dengan metode actual learning menggunakan media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diambil di kelas III SDN Kaliboto Kidul Lumajang dengan subjek terteliti siswa kelas III Tahun Pelajaran 2011-2012 dengaan jumlah siswa 12 yang terdiri dari 6 siswa laki- laki dan 6 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai kemampuan siswa dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui lembar observasi yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah dengan tema lingkungan selama proses pembelajaran pada prasiklus, siklus I, siklus II mengalami peningkatan. Persentase ketuntasaan belajar pada prasiklus 33,33% menjadi 65,41% pada siklus I dan pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan 83,33%. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa bahwa mereka merasa senang dan suka dengan adanya metode Actual Learning dengan media benda konkrit yang disediakan oleh guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperoleh peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode Actual Learning pada siswa kelas III SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang dengan Tema Lingkungan Tahun Pelajaran 2011/2012. Beberapa saran berkaitan dengan penggunaan metode pembelajaran Actual Learning yaitu, guru harus dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media pembelajaran untuk mengembangkan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Bagi peneliti lain, untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204134;
dc.subjectMETODE ACTUAL LEARNINGen_US
dc.titlePENERAPAN `METODE ACTUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DALAM TEMA LINGKUNGAN KELAS 3 SEMESTER GANJIL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT DI SDN KALIBOTO KIDUL 05 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record