dc.description.abstract | Rasionalitas adalah sesuatu yang dilakukan oleh tiap-tiap individu dalam
menentukan pilihannya atas keterlibatannya dalam suatu tindakan sosial. Tindakan
tersebut didasarkan pada proposisi rasionalitas yaitu proposisi kesuksesan, dorongan
dan nilai. Artinya tindakan seseorang selalu memperhitungkan secara rasional tujuan
dan motivasi serta lingkungan eksternal yang berpengaruh dalam pencapaian tujuan
tersebut. Tujuan penelitian yang harus dilakukan sesuai dengan permasalahan yang
telah dirumuskan pada rumusan masalah adalah untuk mendeskripsikan dan
menganalisis Rasionalitas pembeli pakaian bekas (Babebo).
Berdasarkan penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa Babebo merupakan
alternatif lain bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan sandang,
Rasionalitas yang dapat dilihat dan dilakukan oleh pembeli adalah berdasarkan merk,
harga murah dan juga kualitas yang diberikan oleh Babebo sehingga pembeli
melakukan pembelian secara terus-menerus untuk memenuhi keinginan pembeli yang
mencari merk dan berburu harga murah dengan kualitas yang baik. Merk telah
menjadikan pembeli terobsesi untuk terus mencari dan mengkonsumsinya demi untuk
terlihat berkelas dan tidak kalah dengan yang lainnya.
Kualitas, harga murah, dan bermerk menjadi pilihan utama bagi para pembeli
Babebo namun tidak menutup kemungkinan bahwa pembeli yang berkunjung ke
Babebo hanya sekedar melihat-lihat dan tidak membeli (Iseng). Namun bagi pembeli
yang sudah familiar dan sering berkunjung untuk mencari baju, celana, kemeja, jaket,
topi, tak, dan lain-lainya merupakan kegiatan yang sudah menjadi tujuan utama ketika
mengunjungi Babebo bagi pembeli yang gemar dengan barang-barang bermerk.
Maka dari perilaku diatas menimbulkan suatu Rasionalitas terhadap pembeli pakaian
bekas Babebo yang mana pembeli Bebebo bukan hanya dari golongan kelas bawah
namun juga dari golongan kelas menengah dan kelas menengah ke atas namun
mereka membeli dan mengkonsumsi Babebo sebagai suatu pemenuhan kebutuhan
akan sandang bagi para pembeli Babebo. | en_US |