Show simple item record

dc.contributor.authorDian Agus Restiyani
dc.date.accessioned2013-09-11T02:56:33Z
dc.date.available2013-09-11T02:56:33Z
dc.date.issued2013-09-11
dc.identifier.nimNIM070210204115
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1012
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa guru kurang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga kurang memanfaatkan media yang ada sehingga siswa menjadi tidak aktif, mudah bosan, dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan metode tutor sebaya berbantuan garis bilangan pada siswa kelas III SDN Plalangan 06 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode tutor sebaya berbantuan garis bilangan pada siswa kelas III SDN Plalangan 06 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kemampuan menghitung perkalian dengan garis bilangan, bertanya, bekerja sama dengan kelompok heterogen dan menjawab pertanyaan dari guru. Aktivitas ini berdampak pada adanya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Plalangan 06 Kalisat dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2011 sampai dengan 23 Januari 2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing- masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode tutor sebaya pada pokok bahasan perkalian terlaksana dengan baik. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu bertanya mencapai nilai 76%, menjawab pertanyaan guru mencapai nilai 63%, bekerja sama dalam kelompok mencapai nilai 75% dan menggunakan garis bilangan mencapai nilai 75%. Aktivitas siswa pada siklus II yaitu bertanya mencapai nilai 86,46%, menjawab pertanyaan guru mencapai nilai 83,3%, bekerja sama dalam kelompok mencapai nilai 88,50% dan menggunakan garis bilangan mencapai nilai 85,4%. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal adalah 72,25% pada pembelajaran siklus I dan meningkat pembelajaran II di siklus II menjadi 85,92%. Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain terdapat beberapa siswa yang masih malu saat menjawab pertanyaan dari guru dan menggunakan garis bilangan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mencapai 81,25% dan meningkat pada siklus II yang mencapai 90,63%. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan metode tutor sebaya pada pokok bahasan perkalian dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jika guru menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran sebaiknya dalam memilih seorang tutor yang mampu dan mau mengajarkan materi kepada siswa lain yang kurang mengerti. Guru juga harus memberikan arahan kepada tutor akan tanggungjawabnya dalam kelompok. Jika guru menggunakan garis bilangan sebagai media pembelajaran maka guru harus memberikan aturan main yang jelas sehingga siswa tidak kesulitan dalam menggunakan garis bilangan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204115;
dc.subjectMETODE TUTOR SEBAYAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA BERBANTUAN GARIS BILANGAN POKOK BAHASAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SDN PLALANGAN 06 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record