dc.contributor.advisor | Budi, Sri Handono P | |
dc.contributor.advisor | Subiki | |
dc.contributor.author | FAQLILLAH, Maulidatul | |
dc.date.accessioned | 2020-10-26T02:57:55Z | |
dc.date.available | 2020-10-26T02:57:55Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101290 | |
dc.description.abstract | Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam secara
sistematis sehingga pembelajaran fisika bukan hanya untuk penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja melainkan juga merupakan
suatu proses penemuan, sehingga siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis dan
kreatif. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu model
pembelajaran kontekstual. Pembelajaran konstektual (Contextual Teaching and
Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi
antara yang diajarkan dengan dunia nyata. Model pembelajaran REACT
dilaksanakan dengan menghubungkan pembelajaran di kelas dengan situasi nyata
(relating), menekankan pada bentuk pengalaman (experiencing) dan kerjasama
siswa (cooperating), mempresentasikan pembelajaran dalam pemanfaatan
(applying), serta memanfaatkan pengetahuan dalam situasi baru (transferring)..
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran
REACT terhadap hasil belajar dalam pembelajaran fisika di SMA, (2) mengkaji
pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis dalam
pembelajaran fisika di SMA. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER | en_US |
dc.subject | REACT | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN FISIKA | |