Show simple item record

dc.contributor.advisorSugeng Pambudi, Didik
dc.contributor.advisorPratama Murtikusuma, Randi
dc.contributor.authorMasuda, Ana
dc.date.accessioned2020-10-21T06:14:10Z
dc.date.available2020-10-21T06:14:10Z
dc.date.issued2020-02-08
dc.identifier.nim160210101096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101194
dc.description.abstractSalah satu tujuan dari pembelajaran matematika adalah siswa dapat menguasai dan menggunakan kemampuan penalarannya. Materi matematika dapat dipahami melalui proses penalaran dan penalaran dapat dipahami sekaligus dilatih melalui proses belajar matematika. Sebelum menggunakan penalaran dalam mempelajari matematika tentunya haruslah memahami materi terlebih dahulu. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah gaya belajar siswa. Gaya belajar siswa juga berpengaruh dalam sejauh mana siswa mampu memahami suatu materi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang analisis penalaran matematis siswa secara mendetail dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika ditinjau dari gaya belajar Honey-Mumford. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran matematis siswa aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari 2020 di SMAN 4 Jember di kelas XI MIPA 5 dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket gaya belajar Honey-Mumford, tes penalaran matematis, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Pemilihan siswa dari kelas XI MIPA 5 sebagai subjek penelitian dikarenakan terdapat keragaman gaya belajar, yaitu aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis. Setelah dilakukan pengumpulan data dengan memberikan angket gaya belajar dan tes penalaran matematis, selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam terkait penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal tes. Pemilihan subjek wawancara sebanyak 8 siswa, yang terdiri dari 2 siswa dari masing-masing gaya belajar berdasarkan kecenderungan kesamaan penalaran yang ditampilkan masing-masing gaya belajar. Untuk mendapatkan keabsahan data maka dilakukan triangulasi metode, yaitu dengan cara menyelaraskan analisis data hasil tes penalaran matematis dan data hasil wawancara terhadap siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectAnalisis Penalaranen_US
dc.titleAnalisis Penalaran Matematis Siswa Sma Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Gaya Belajar Honey-Mumforden_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematika
dc.identifier.kodeprodi0210101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record