dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membentuk persepsi
konsumen dalam menggunakan aplikasi Go-jek, khususnya untuk platform Go-food di
Kota Jember, dengan mengadopsi skala pengukuran Internet Retail Service Quality
(IRSQ). Atribut yang diuji berjumlah 20 atribut yang dianalisis menggunakan Exploratory
Factor Analysis (EFA). Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Jember yang
menggunakan platform Go-food dalam aplikasi Go-jek. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang menentukan persepsi
konsumen dalam menggunakan platform Go-Food. Faktor yang paling dominan adalah
adalah kinerja layanan yang terdiri dari atribut pesanan online mudah dipahami, pesan
konfirmasi pesanan cepat, loading time yang cepat, pemrosesan pesanan bebas
kesalahan, pengiriman pesanan cepat, dan kebijakan return pesanan. Faktor kedua
adalah kemudahan akses yang terdiri dari atribut tawaran beragam produk mitra,
tawaran produk promosi, rekomendasi produk lain yang unik, dan dukungan berbagai
cara pembayaran. Faktor ketiga adalah interaksi yang terdiri dari atribut ketersediaan
chatroom online, ketersediaan gambar produk, dan interaksi komunikasi. Faktor keempat
adalah informasi yang terdiri dari atribut informasi ketersediaan produk dan informasi
yang disediakan akurat, sedangkan faktor kelima adalah keamanan yang terdiri dari
atribut informasi pribadi dan informasi akun yang aman. | en_US |