Show simple item record

dc.contributor.authorSUWITO, Abi
dc.contributor.authorTRAPSILASIWI, Dinawati
dc.date.accessioned2020-08-27T04:20:22Z
dc.date.available2020-08-27T04:20:22Z
dc.date.issued2016-03-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100692
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif yang dapat menumbuhkan dan melestarikan budaya melalui pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa dan LKS mata pelajaran Matematika kelas VII yang dikaitkan dengan budaya masyarakat Jawa Dan Madura yang ada di kabupaten Jember. Penelitian pengembangan ini direncanakan berlangsung dalam tiga tahap. Pertama, kajian teori dan analisis kebutuhan. Kedua, perumusan perangkat pembelajaran sesuai dengan hasil analisis kebutuhan. Ketiga, uji coba perangkat dan eksperimen. Pada penelitian ini model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang terbagi dalam 5 fase, yaitu: 1) Fase Analisis, 2) Fase Desain, 3) Fase Development, 4) Fase Implementasi 5 ) Fase Evaluasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP sebanyak 3 orang. Produk pada penelitian ini yaitu buku siswa yang berbasis budaya Jawa dan Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tes belajar siswa materi keluarga segi empat berdasarkan budaya Jawa dan Madura, baik, dengan rerata 83,33. Dapat disimpulkan bahwa buku siswa kelas VII SMP berbasis budaya Jawa dan Madura pada materi segiempat efektif digunakan untuk pembelajaran.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 4 No. 2, Maret 2016 hlm 79-84en_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.subjectKebudayaan Jawaen_US
dc.subjectMaduraen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Berbasis Kehidupan Masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210101#Pendidikan Matematika
dc.identifier.nidnNIDN0011028501
dc.identifier.nidnNIDN0021056201


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record