Show simple item record

dc.contributor.advisorSUSANTO
dc.contributor.advisorYUDIANTO, Erfan
dc.contributor.authorDEWI, Nuzul Hekmah
dc.date.accessioned2020-08-25T06:05:47Z
dc.date.available2020-08-25T06:05:47Z
dc.date.issued2020-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100656
dc.description.abstractKemampuan spasial adalah kemampuan membayangkan, mengamati untuk menentukan posisi objek dari berbagai sudut pandang, membayangkan perputaran objek dalam konteks bangun ruang. Kemampuan spasial ini sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan matematika, khususnya geometri. Salah satu yang mempengaruhi kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan geometri adalah tingkat berpikir geometri van Hiele siswa. Terdapat tingkat atau level berpikir geometri van Hiele, yaitu level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana profil kemampuan spasial siswa MTs dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level kemampuan berpikir geometri van Hiele level 0 (visualisasi) dan bagaimana profil kemampuan spasial siswa MTs dalam menyelesaikan soal geometri van Hiele level 1 (analisis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan terdiri dari dua tes, yaitu tes kemampuan berpikir geometri van Hiele, tes kemampuan spasial, dan pedoman wawancara. Pengambilan data dilakukan kepada 25 siswa setelah instrumen dinyatakan valid oleh validator. Uji validasi soal tes kemampuan spasial diperoleh dengan hasil rata-rata (Va) sebesar 4,8 dan uji validasi pedoman wawancara sebesar 4,7. Berdasarkan tingkat kevalidan instrumen, hasil validasi tesebut menunjukkan bahwa soal kemampuan spasial dan pedoman wawancara dalam kategori valid. Pengambilan data dilakukan kepada 25 siswa dengan memberikan tes pertama, yaitu tes kemampuan level van Hiele yang diperoleh dengan hasil 22 siswa berada pada level 0 (visualisasi) dan 3 siswa berada pada level 1 (analisis). Hari berikutnya diberikan tes ke dua yaitu tes kemampuan spasial kepada 25 siswa tersebut. Jawaban dari tes kemampuan spasial dianalisis dan diambil masing masing tiga dari subjek yang memiliki level 0 (visualisasi) dan level 1 (analisis) kemudian hari berikutnya, enam subjek tersebut diberikan tes wawancara. Setelah tes wawancara dilakukan, maka dianalisis. Hasil pengumpulan data tes tingkat kemampuan berpikir geometri van Hiele yang dilakukan kepada 25 siswa di kelas IX F MTs Negeri 2 Jember diperoleh data bahwa 22 siswa mempunyai level 0 (visualisasi), 3 siswa mempunyai level 1 (analisis). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van Hiele pada level visualisasi cenderung tidak memenuhi semua indikator dari karakteristik kemampuan spasial, walaupun ada satu siswa yang memenuhi dua karakteristik spasial yaitu orientasi spasial dan relasi spasial dengan indikator mampu mengubah suatu objek ke dalam bentuk yang berbeda, mampu menentukan wujud suatu benda jika dilihat dari arah yang berbeda, mampu mentukan hubungan suatu objek dengan objek lain melalui bagian-bagian objek, dan mampu merotasikan posisi suatu objek. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van Hiele pada level analisis memenuhi semua karakteristik spasial, yaitu visualisasi spasial, orientasi spasial, dan relasi spasial dengan indikator mampu mengubah suatu objek ke dalam bentuk yang berbeda, mampu menentukan wujud perubahan suatu objek tiga dimensi ke dalam dua dimensi, mampu menentukan wujud suatu benda jika dilihat dari arah yang berbeda, mampu menentukan hubungan suatu objek dengan objek lain melalui bagian-bagian objek, dan mampu merotasikan posisi suatu objek.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries140210101064;
dc.subjectgeometri bangun ruang sisi dataren_US
dc.subjectgeometrien_US
dc.subjectgeometri van hieleen_US
dc.subjectvan hieleen_US
dc.titleProfil Kemampuan Spasial Siswa Mtsn Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Level Kemampuan Berpikir Geometri Van Hieleen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi0210101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record