• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Kemampuan Spasial Siswa Mtsn Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Level Kemampuan Berpikir Geometri Van Hiele

    Thumbnail
    View/Open
    Nuzul Hekmah Dewi - 140210101064.pdf-.pdf (1.982Mb)
    Date
    2020-01-24
    Author
    DEWI, Nuzul Hekmah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan spasial adalah kemampuan membayangkan, mengamati untuk menentukan posisi objek dari berbagai sudut pandang, membayangkan perputaran objek dalam konteks bangun ruang. Kemampuan spasial ini sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan matematika, khususnya geometri. Salah satu yang mempengaruhi kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan geometri adalah tingkat berpikir geometri van Hiele siswa. Terdapat tingkat atau level berpikir geometri van Hiele, yaitu level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana profil kemampuan spasial siswa MTs dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level kemampuan berpikir geometri van Hiele level 0 (visualisasi) dan bagaimana profil kemampuan spasial siswa MTs dalam menyelesaikan soal geometri van Hiele level 1 (analisis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan terdiri dari dua tes, yaitu tes kemampuan berpikir geometri van Hiele, tes kemampuan spasial, dan pedoman wawancara. Pengambilan data dilakukan kepada 25 siswa setelah instrumen dinyatakan valid oleh validator. Uji validasi soal tes kemampuan spasial diperoleh dengan hasil rata-rata (Va) sebesar 4,8 dan uji validasi pedoman wawancara sebesar 4,7. Berdasarkan tingkat kevalidan instrumen, hasil validasi tesebut menunjukkan bahwa soal kemampuan spasial dan pedoman wawancara dalam kategori valid. Pengambilan data dilakukan kepada 25 siswa dengan memberikan tes pertama, yaitu tes kemampuan level van Hiele yang diperoleh dengan hasil 22 siswa berada pada level 0 (visualisasi) dan 3 siswa berada pada level 1 (analisis). Hari berikutnya diberikan tes ke dua yaitu tes kemampuan spasial kepada 25 siswa tersebut. Jawaban dari tes kemampuan spasial dianalisis dan diambil masing masing tiga dari subjek yang memiliki level 0 (visualisasi) dan level 1 (analisis) kemudian hari berikutnya, enam subjek tersebut diberikan tes wawancara. Setelah tes wawancara dilakukan, maka dianalisis. Hasil pengumpulan data tes tingkat kemampuan berpikir geometri van Hiele yang dilakukan kepada 25 siswa di kelas IX F MTs Negeri 2 Jember diperoleh data bahwa 22 siswa mempunyai level 0 (visualisasi), 3 siswa mempunyai level 1 (analisis). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van Hiele pada level visualisasi cenderung tidak memenuhi semua indikator dari karakteristik kemampuan spasial, walaupun ada satu siswa yang memenuhi dua karakteristik spasial yaitu orientasi spasial dan relasi spasial dengan indikator mampu mengubah suatu objek ke dalam bentuk yang berbeda, mampu menentukan wujud suatu benda jika dilihat dari arah yang berbeda, mampu mentukan hubungan suatu objek dengan objek lain melalui bagian-bagian objek, dan mampu merotasikan posisi suatu objek. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van Hiele pada level analisis memenuhi semua karakteristik spasial, yaitu visualisasi spasial, orientasi spasial, dan relasi spasial dengan indikator mampu mengubah suatu objek ke dalam bentuk yang berbeda, mampu menentukan wujud perubahan suatu objek tiga dimensi ke dalam dua dimensi, mampu menentukan wujud suatu benda jika dilihat dari arah yang berbeda, mampu menentukan hubungan suatu objek dengan objek lain melalui bagian-bagian objek, dan mampu merotasikan posisi suatu objek.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100656
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3452]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • KONSTRUKSI VAS BUNGA MELALUI PENGGABUNGAN BEBERAPA BENDA GEOMETRI RUANG PENGGABUNGAN BEBERAPA BENDA GEOMETRI RUANG PENGGABUNGAN BEBERAPA BENDA GEOMETRI 

      Dani Arinda (2014-01-20)
      Vas bunga banyak digunakan sebagai tempat bunga bahan kertas ataupun bunga hidup guna memperindah suasana ruangan. Keragaman bentuk vas bunga yang telah dibuat, tampilannya banyak terkait dengan kajian geometri yaitu ...
    • Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 1 Cermee Bondowoso Tahun Ajaran 2014/2015; 

      Mufarrohah, Holifatul (2015-12-04)
      Pembelajaran matematika merupakan bagian dari pendidikan nasional, yang memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi karena dapat dikatakan bahwa matematika menjadi ilmu yang mendasari ilmu pengetahuan ...
    • ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI POKOK BAHASAN BANGUN DATAR BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELESISWA KELAS VII SMP 

      Baihaqi, Mochammad (2016-11-23)
      Dalam dunia pendidikan, matematika merupakan materi pelajaran yang penting dan tidak dapat ditinggalkan baik pada jenjang sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Dalam mempelajari matematika siswa ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository