Show simple item record

dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.advisorFinali, Zerti
dc.contributor.authorERMAWATI, Ely
dc.date.accessioned2020-08-22T22:57:30Z
dc.date.available2020-08-22T22:57:30Z
dc.date.issued2019-01-03
dc.identifier.nimNIm 150210204031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100599
dc.description.abstractPemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik dapat membantu guru dalam penyampaian materi pembelajaran kepada siswa sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien. Pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Akan tetapi, terdapat beberapa guru yang tidak menggunakan media pembelajaran sebagai sarana dalam penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini memfokuskan pada pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik di SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2018/2019? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik di SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SDN Sumbersari 01 Jember yang berjumlah 12 guru. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas: (1) mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden; (2) mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden; (3) menyajikan data pada setiap variabel yang diteliti; (4) melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik di SDN Sumbersari 01 Jember berada pada kategori “baik x sekali” sebesar 0.00% (tidak ada), kategori “baik” sebesar 50.00% (6 guru), kategori “sedang” sebesar 25.00% (3 guru), kategori “kurang” sebesar 16.67% (2 guru), dan kategori “kurang sekali” 8.33% (1 guru). Jenis media visual berada pada kategori “baik sekali” sebesar 8.33% (1 guru), kategori “baik” sebesar 0.00% (tidak ada), kategori “sedang” sebesar 66.67% (8 guru), kategori “kurang” sebesar 16.67% (2 guru), dan kategori “kurang sekali” sebesar 8.33% (1 guru). Jenis media audio berada pada kategori “baik sekali” sebesar 0% (tidak ada), kategori “baik” sebesar 25.0% (3 guru), kategori “sedang” sebesar 58.34% (7 guru), kategori “kurang” sebesar 8.33% (1 guru), dan kategori “kurang sekali” sebesar 8.33% (1 guru). Jenis media audio visual berada pada kategori “baik sekali” sebesar 0% (tidak ada), kategori “baik” sebesar 33.33% (4 guru), kategori “sedang” sebesar 25.00% (3 guru), kategori “kurang” sebesar 41.67% (5 guru), dan kategori “kurang sekali” sebesar 0% (tidak ada). Jenis media komputer berada pada kategori “baik sekali” sebesar 0.00% (tidak ada), kategori “baik” sebesar 41.67% (5 guru), kategori “sedang” sebesar 33.33% (4 guru), kategori “kurang” sebesar 16.67% (2 guru), dan kategori “kurang sekali” sebesar 8.33% (1 guru). Adapun saran dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagi guru disarankan agar memanfaatkan media pembelajaran dalam setiap pembelajaran agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan; (2) bagi sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran yang memanfaatkan media pembelajaran; (3) bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran Tematik Terpaduen_US
dc.titlePemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SDN Sumbersari Tahun Ajaran 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPGSD
dc.identifier.kodeprodi0210204


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record