dc.description.abstract | Pembelajaran berpusat pada siswa diharapkan dapat mendorong peserta didik
untuk terlibat secara aktif membangun pengetahuan yang didapat, tetapi tidak
menghilangkan peran guru sebagai pendidik dan pembimbing dalam proses
pembelajaran. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila siswa dapat
berperan aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Aktivitas belajar di kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu
Jember sebelum penerapan model pembelajaran AIR masih dalam kategori rendah
sehingga perlu ditingkatkan lagi. Apabila aktivitas belajar rendah akan berdampak
pada hasil belajar siswa. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajararan
yang digunakan oleh guru, yang mana masih menggunakan model konvensional
dengan metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas sehingga aktivitas belajar siswa
dalam proses pembelajaran masih kurang. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan
model pembelajaran yang dapat menunjang keberhasil siswa dengan meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa sesuai dengan karakteristik mata pelajaran akuntansi
kompetensi dasar jurnal khusus yaitu dengan menerapkan model pembelajaran AIR.
Penerapan model pembelajaran AIR diharapkan dapat membantu agar siswa terlibat
lebih aktif dalam proses pembelajarn dan memudahkan siswa dalam memahami
materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan
2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes,
wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif
dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan memaparkan data yang diperoleh oleh
peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model
pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AKL
1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi
dasar jurnal khusus tahun ajaran 2019/2020. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari
skor rata-rata aktivitas belajar pada siklus I mencapai kategori sedang yaitu sebesar
2,5 dan pada siklus II meningkat sebesar 0,9 mencapai kategori tinggi sebesar 3,4.
Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai akhir siswa yang diperoleh dari nilai
tugas individu dan nilai ulangan harian siswa pada kompetensi dasar jurnal khusus.
Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,6 dengan ketuntasan
klasikal sebesar 80,7% pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata
83,9 dan ketuntasan klasikal 88,5%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AKL
1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember. Peneliti menyarankan kepada guru mata
pelajaran akuntansi untuk menerapkan model pembelajaran AIR dalam proses
pembelajaran sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |