• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Dengan Pendekatan Sets Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Sma

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Wandiyah Kamilasari - 160210102015.pdf-.pdf (5.917Mb)
    Date
    2020-02-05
    Author
    KAMILASARI, Nur Wandiyah
    NURAINI, Lailatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri akan kemajuan teknologi di masa depan dan kreativitas merupakan salah satu bentuk dalam mengintegrasikannya. Munculnya berbagai permasalahan dalam belajar fisika yang menitikberatkan pada kegiatan bernalar dan berpikir tingkat tinggi, serta lemahnya kemampuan memecahkan masalah sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dapat dijadikan solusi permasalahan dalam pembelajaran fisika melalui penyusunan ide rencana menyelesaikan masalah yang melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan solusinya sendiri. Kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa SMA masih rendah sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi hal tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diberikan alternatif solusi yaitu pembelajaran yang ngutamakan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta hasil belajarnya. Model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dapat dijadikan sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) adalah model pembelajaran yang langkah langkah pembelajarannya membuat siswa aktif di kelas dalam mengeksplor gagasan kreatifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. 2) mengkaji pengaruh pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Jenggawah tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian menggunakan cluster rondom sampling dengan teknik undian yang kemudian terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran PBL (problem based learning). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS 23. Hasil uji Independent Sample T-Test pada hipotesis pertama terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,002 sehingga uji hipotesis menyatakan H0 ditolak yang artinya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Hasil uji Independent Sample T-Test pada hipotesis kedua terhadap hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 sehingga uji hipotesis menyatakan H0 ditolak yang artinya hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Berdasarkan Hasil uji Independent Sample T-Test maka dapat ditarik kesimpulan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100503
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository