Show simple item record

dc.contributor.advisorINDRIANTI, Deditiani Tri
dc.contributor.advisorFAIQOTUL, Irliana
dc.contributor.authorEFENDI, Muhammad Yoga
dc.date.accessioned2020-08-12T02:32:35Z
dc.date.available2020-08-12T02:32:35Z
dc.date.issued2020-01-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100463
dc.description.abstractBerdasarkan studi pendahuluan kebanyakan masyarakat terkadang dalam bergaul dan sampai ada yang merusak moral. Kebiasaan yang kurang bermanfaat seperti nongkrong, minum-minuman keras, menyimpang aturan dan etika masih melekat pada masyarakat sekitar. Maka dari itu, pihak yayasan mengadakan pembelajaran perubahan yang bersifat untuk merubah masyarakat ke dalam tujuan bias berkarir dan sikap yang lebih baik untuk mengembangkan potensinya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk memecahkan masalah tersebut dengan transformative learning kepada masyarakat dalam bentuk sholawat dan belajar al qur’an sebagai wujud dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberdayaan masyarakat melalui transformative learning di yayasan pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Ulum Al-Islamiyah Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan variable hubungan yaitu X (Transformative Learning), X1 (Strategi Pembelajaran), X2 (Metode Pembelajaran) dan Y (Keberdayaan Masyarakat) dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah korelasi spearman. Lokasi penentuan tempat yaitu dengan metode purposive area. populasi penelitian yang diambil adalah teknik total sampling yaitu sebesar 32 responden. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 bulan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan dokumentasi. Hasil pengamatan tersebut, selanjutnya dibuktikan dengan melalui pengisian lembar kuesioner kepada 32 responden, dalam setiap lembar kuesioner terdiri dari 20 pernyataan, selanjutnya akan dilakukan proses editing, coding, dan scoring. Apabila keseluruhan item pernyataan tersebut telah terisi, maka akan dilakukan analisis data lebih lanjut dengan menggunakan rumus spearman yang diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai interpretasi indikator yang dijadikan pengukuran diketahui bahwa ada hubungan antara transformative learning dengan keberdayaan masyarakat. Nilai interpretasi diperoleh rhitung sebesar 0,624. Nilai tersebut lebih besar dari rtabel 0,364 dengan N=32. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sebesar 0,044 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan hasil tersebut berarti signifikansi sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara transformative learning dengan keberdayaan masyarakat. Diliat dari di tabel interpretasi nilai korelasi, maka nilai 0,624 masuk pada kriteria kedua antara 0,600-0,799 ialah kategori kuat. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka sebuah pembelajaran dikatakan efektif apabila mampu membuat peserta atau warga belajar menguasai kemampuan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan setelah selesai mengikuti program pembelajaran. Dengan kata lain, setelah selesai mengikuti sebuah pembelajaran akan lebih berpengetahuan, terampil, dan bersikap positif terhadap bidang yang digeluti dan juga bagi keluarga dan masyarakat sekitar. Sedangkan strategi pembelajaran dengan keberdayaan masyarakat ada hubungan. Strategi mempunyai peran sangat penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan berbagai strategi dapat memperbaiki minat belajar warga belajar, menimbulkan semangat dan tidak membosankan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Sedangkan metode pembelajaran dengan keberdayaan masyarakat ada hubungan. Penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan karena untuk mempermudah proses pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara transformative learning dengan keberdayaan masyarakat pada kelompok masyarakat di RT 02 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Saran dari penelitian ini adalah agar proses pembelajaran perlu disesuaikan agar tujuan pembelajarannya lebih efektif.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries150210201002;
dc.subjecttransformative learningen_US
dc.subjectyayasan pendidikan Al-Qur’anen_US
dc.subjectpendidikan Al-Qur’anen_US
dc.titleTransformative Learning Terhadap Keberdayaan Masyarakat DI Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Ulum Al-Islamiyah Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi0210201


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record