dc.description.abstract | Standardisasi adalah hal penting dalam tingkat persaingan, sehingga diperlukan
budaya standar termasuk di Universitas Jember (UNEJ) melalui layanan di SNI
Corner. Laporan pengunjung, menunjukkan 963 orang (32,1%) rata-rata per bulan
tahun 2016 dan 4.142 orang (34,52%) tahun 2017. Menciptakan budaya standar
pada dasarnya adalah upaya menciptakan kemampuan sumber daya manusia agar
terbentuk pola pikir, sikap, perilaku serta budaya standar sesuai dengan
persyaratan teknis atau peraturan yang dibakukan. Berdasarkan hal tersebut,
sebagai permasalahan dalam kajian ini adalah bagaimana menciptakan budaya
standar pada mahasiswa UNEJ melalui layanan SNI Corner? Sedangkan tujuan
kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menciptakan budaya standar pada
mahasiswa UNEJ melalui layanan SNI Corner. Metode yang digunakan adalah
kajian kegiatan/studi kasus mulai Oktober 2016 sampai Desember2017 dengan
mendeskripsikan kegiatan menciptakan budaya standar pada mahasiswa melalui
layanan SNI Corner. Pola pikir, sikap, perilaku serta budaya standar harus
ditanamkan kepada mahasiswa yaitu mengidentifikasi, observasi, wawancara dan
mendiskripsikan kebutuhan informasi pengunjung SNI Corner, memberikan layanan
informasi sederhana tentang standardisasi, mensosialisasikan standardisasi melalui
dokumen SNI. Layanan ini mencapai 650 mahasiswa (21,67%) di tahun 2016 dan
2.716 mahasiswa (22,63%) pada tahun 2017. Berikutnya adalah layanan
pemesanan dokumen SNI baik secara off line maupun online. Layanan ini mencapai
30 mahasiswa (1,5%) pada tahun 2016 dan 83 mahasiswa (6,92%) pada tahun
2017. Dengan demikian jika budaya standar yang berasal dalam diri mahasiswa
dengan didorong keinginan secara sadar dan dicerminkan dalam perilaku sesuai
dengan aturan maka akan tertanam dalam diri mahasiswa, secara otomatis akan
tercermin perilaku mahasiswa dalam menciptakan budaya standar. | en_US |