dc.description.abstract | Kurikulum 2013 menerapkan pendekatan Saintifik (Saintific
Approach)didalam pembelajarannya. Pendekatan ini dimaksudkan untuk memberi
pemahaman kepada siswa untuk mengetahui, memahami, dan menerapkan apa
yang telah dipelajari secara ilmiah. Pada proses pembelajarannya, diharapkan
siswa dapat mencari tahu informasi dari berbagai sumber melalui mengamati,
menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan dan mencipta. Dalam
kurikulum 2013 kreatifitas siswa sangat diperlukan untuk mencapai tujuan
kurikulum itu sendiri. Kreativitas ilmiah dalam proses pembelajaran berperan
untuk mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi berbagai metode dan
mengeksplorasi alternative solusi. Kreativitas merupakan komponen penting
karena kreativitas memberikan ruang besar kepada perkembangan kognitif
anak.Dengan demikian pengajaran dengan kreativitas memungkinkan peserta
didik untuk mengambil tanggung jawab terhadap keberhasilan belajarnya.
Kolaboratif adalah suatu proses kerja sama baik anatara individu atau antar
kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Pada pembelajarannya, kolaboratif ini
memungkinkan antar anggota kelompok untuk saling mendengarkan dan
memperoleh banyak pendapat atau ide dari sudut pandang yang berbedabeda.Kreativitas dan kolaborasi siswa dapat diperoleh dengan menerapkan
Pembelajaran Collaborative.Oleh Karena itu perlu dikembangkan Lembar Kerja
Siswa Berbasis Collaborative Creativity Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah
Pada Siswa SMAN Pakusari. | en_US |