Metode Penerapan Strategi Pemasaran Paket Wisata Di PT. Luna Gemilang Sentosa Indonesia
Abstract
Untuk memasarkan paket wisata PT. Luna Sentosa Gemilang Indonesia
menggunakan metode direct marketing atau secara personal dan telemarketing
atau menggunakan media komunikasi. Teori dasar marketing adalah proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenal barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia. Marketing dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia
yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Di PT. Luna Gemilang
Sentosa Indonesia biasanya menggunakan metode telemarketing dan direct
marketing untuk memasarkan paket wisata.
Selama penulis melakukan praktek kerja nyata di PT. Luna Sentosa
Gemilang Indonesia, penulis membantu memasarkan produk dengan cara direct
marketing yang dilakukan terhadap instansi pemerintah seperti Puskesmas dan
instansi swasta seperti Mitra Medika yang berada di Bondowoso. Adapun proses
direct marketing di PT. Luna Sentosa Gemilang Indonesia adalah mencari dan
menyeleksi pelanggan baru atau mengidentifikasi prospek, pendekatan
pendahuluan/penjajakan, pendekatan pada klien, presentasi (penyajian dan
peragaan), mengatasi keberatan dan negosiasi, menutup penjualan, pasca
penjualan, tour/outbound, pasca tour menyerahkan CD event, foto + pigura +
beberapa hal yang dijanjikan selama marketing dan sudah menjadi kesepakatan
kedua belah pihak, setelah tour selesai dilaksanakan maka marketing memiliki
hak untuk mendapatkan fee marketing, dan memo dari marketing operational
(MO) bisa dicairkan di accounting, tidak lupa hasil angket tour dikonfirmasi oleh
MO kepada marketing sebagai hasil pasca tour dan segala sesuatu yang
menyangkut kegiatan tour diketahui oleh marketing (hal yang positif maupun
kritik dan saran kepada perusahaan).
Berdasarkan hasil praktek kerja nyata, strategi marketing yang dilakukan di
PT Luna Sentosa Gemilang Indonesia terdapat dua macam cara yaitu pertama
dilakukan dengan cara direct marketing yang dilakukan berkomunikasi secara
langsung dengan target customer dan yang kedua dengan cara telemarketing yang
menggunakan perantara media elektronik seperti instagram, facebook, atau
website sebagai media pemasaran.
Collections
- DP-Travel Agent [250]