Show simple item record

dc.contributor.advisorDAFIK
dc.contributor.advisorFATAHILLAH, Arif
dc.contributor.authorWIJAYA, Karisma Bayu Cipta
dc.date.accessioned2020-07-29T02:34:08Z
dc.date.available2020-07-29T02:34:08Z
dc.date.issued2019-05-03
dc.identifier.nimNIM 150210101014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100182
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa algoritma penyelesain rubik standar dalam bentuk graf berarah berbantuan software Macromedia Flash versi 8. Proses pengembangan dari penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (Analysis), tahap desain (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap implementasi (Implement), tahap evaluasi (Evaluate). Penelitian pengembangan ini menghasilkan algoritma penyelesaian rubik standar berbentuk graf berarah menggunakan software Macromedia Flash versi 8 yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi algoritma pengembangan yang terdiri dari aspek format, aspek isi, dan aspek bahasa termasuk pada kriteria Valid dengan rata-rata 8,7 atau nilai koefisien korelasi 0,87 termasuk kategori “Sangat Tinggi”. Sementara itu hasil validasi instrumen penelitian menunjukkan kategori “Sangat Tinggi” dimana rata-rata total validasi untuk pedoman wawancara mencapai 4,25 atau nilai koefisien korelasi 0,85. Rata-rata validasi lembar observasi sebesar 4,1 atau nilai koefisien korelasi 0,82. Setelah algoritma sudah mencapai kevalidan kemudian dilakukan uji coba. Uji coba diilaksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 15 dan 16 Juli 2019 di Jember. Jumlah subjek penelitian sebanyak 15 orang. Dilakukan juga penelitian dengan memberikan angket respon pada setiap responden dan wawancara pada 3 orang secara acak. Selama peenelitian berlangsung terdapat 5 observer yang melakukan observasi terhadap praktisi. Selama penelitian berlangsung subjek penelitian tampak antusias dengan mendengarkan praktisi, responden mencoba menggunakan salah satu algoritma pengembangan untuk menyelesaikan 1 permasalahan. Responden yang mengalami kesulitan baik dalam menggunakan algoritma dibantu oleh praktisi. Setelah proses penelitian berakhir, dilanjutkan dengan memberikan angket respon pengguna. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan didapatkan hasil penggunaan algoritma penyelesaian rubik standar berbentuk graf berarah menggunakan software Macromedia Flash versi 8 termasuk pada tingkat kepraktisan dikategorikan baik dengan rata-rata total mencapai 4,56 atau dengan hasil presentase mencapai 91,2%. Kemudian hasil dari analisis keefektifan algoritma berdasarkan aspek kognitif, psikomotoik, dan afektif didapatkan pada aspek kognitif graf dari hasil algoritma pengembangan lebih sederhana daripada graf yang terbentuk dari hasil algoritma biasa. Aspek yang kedua, hasil analisis aspek psikomotorik didapatkkan algoritma pengembangan memiliki rata-rata 11 langkah lebih sedikit daripada algoritma biasa, telah dibuktikan algoritma pengembangan juga dapat menyelsaikan setiap permasalahan. Aspek yang terakhir yaitu afektif didapatkan hasil rata-rata total mencapai 1,89 dengan presentase sebesar 94,5% dan dikategorikan baik. Oleh karena itu, algoritma yang dikembangkan dapat digunakan dalam menyelesaikan rubik standar. Algoritma ini memiliki keunggulan dalam penggunaan yaitu pengguna dapat menggunakan lebih mudah karena berasal dari algoritma dasar.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAlgoritmaen_US
dc.subjectGraf Berarahen_US
dc.titlePengembangan Algoritma Penyelesaian Rubik Standar dalam Bentuk Graf Berarahen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN MATEMATIKA
dc.identifier.kodeprodi0210101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record