Show simple item record

dc.contributor.advisorUmamah, Nurul
dc.contributor.advisorSumardi
dc.contributor.authorUrmilah, Siti
dc.date.accessioned2020-07-27T12:41:36Z
dc.date.available2020-07-27T12:41:36Z
dc.date.issued2019-03-19
dc.identifier.nim150210302088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100082
dc.description.abstractSalah satu tujuan pembelajaran sejarah adalah meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran sejarah yaitu menganalisis peristiwa sejarah dan menyajikan hasil analisisnya ke dalam bentuk tulisan berdasarkan fakta-fakta sejarah. Namun berdasarkan penelitian pendahuluan dan analisis performansi yang dilakukan di SMAN 1 Pasirian, SMAN 1 Tempeh dan SMAN 1 Kunir ditemukan kompleksitas permasalahan pembelajaran sejarah sebagai berikut: (1) 70% pendidik hanya menyampaikan tujuan pembelajaran di awal KD, (2) 70% pendidik hanya melakukan pengembangan materi menggunakan LKS dan buku paket, (3) 65% metode pembelajaran sudah bervariasi, (4) 70% media pembelajaran menggunakan PPT dan LCD, (5) 65% kegiatan evaluasi dilakukan dengan menggunakan soal pada tingkat memahami, dan (6) 80% sumber belajar yang digunakan hanya berupa Buku Paket dan LKS sehingga kurang bervariasi. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya pengembangan E modul berbasis Inquiry dapat menjadi salah satu referensi untuk memperkaya bahan ajar dan meningkatkan kemampuan historical analysis dengan menggunakan langkah-langkah metode Inquiry. Permasalahan yang diajukan yaitu (1) bagaimana hasil validasi ahli terhadap pengembangan e-modul berbasis Inquiry pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI SMA dengan model ASSURE? (2) bagaimana e-modul pembelajaran Sejarah Indonesia berbasis Inquiry pada mata pelajaran Sejarah Indonesia dapat meningkatkan kemampuan historical analysis peserta didik kelas XI SMA? Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ASSURE. Tahapan dalam model pengembangan ASSURE yaitu (1) Analyze learner characteristic (analisis karakteristik peserta didik); (2) State performance objective (menetapkan tujuan pembelajaran); (3) Select methods, media, and materials (memilih metode, media dan materi pembelajaran); (4) Utilize materials (pemanfaatan bahan dan media pembelajaran); (5) Requires learner participation (melibatkan peserta didik dalam proses belajar); dan (6) Evaluate and revize (evaluasi dan revisi). Hasil dari ahli isi bidang studi mencapai persentase 77,8% dengan kualifikasi baik, validasi ahli desain pembelajaran mencapai persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik dan validasi bahasa mencapai persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik. Produk pengembangan juga melalui tahap uji pengguna. Hasil yang diperoleh pada uji pengguna 1 mencapai persentase 91,1% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba pengguna 2 sebesar 86,2% dalam kualifikasi sangat baik. Pada uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 peserta didik dapat menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test sebesar 39,16 (Std. Deviasi=6,12) dan post test sebesar 74,16 (Std. Deviasi=8,2). Nilai rata-rata post test lebih besar dibanding nilai pre test pada subyek kelompok kecil. Pada uji kelompok besar melibatkan 30 peserta didik dengan nilai rata-rata pre test sebesar 43,89 (Std. Deviasi=17,65) dan post test sebesar 79,48 (Std. Deviasi=30,34). Nilai rata-rata post test lebih besar dibanding nilai pre test pada subyek kelompok besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan terjadi peningkatan historical analysis peserta didik (pada kelompok kecil dan besar) setelah menggunakan emodul pembelajaran sejarah berbasis Inquirydengan model ASSURE. Saran pemanfaatan e-modul berbasis Inquiry adalah pendidik diharapkan mampu menjadi fasilitator yang baik dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan dan hendaknya pendidik mampu mengkondisikan kelas pada saat melakukan kegiatan pembelajaran agar lebih efektif. Kelebihan e-modul berbasis Inquiry yaitu e-modul berbasis Inquiry didesain sedemikian rupa berdasarkan tuntutan kompetensi yang harus dipenuhi oleh peserta didik dalam kurikulum 2013, desain yang menarik dan memusatkanperhatian peserta didik, serta dapat membantu peserta didik dalam proses menganalisis sejarah.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,en_US
dc.subjectE-Modulen_US
dc.subjectPembelajaran Sejarahen_US
dc.subjectInquiryen_US
dc.subjectHistorical Analysisen_US
dc.subjectModel ASSURE;en_US
dc.titlePengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Historical Analysis dengan Menggunakan Model ASSURE;en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record