dc.description.abstract | Pada kurikulum 2013, guru bertugas sebagai fasilitator yang berperan
menyediakan kebutuhan siswa selama proses pembelajaran. Terdapat beberapa
kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu sumber belajar.
Sekolah Dasar (SD) yang menerapkan kurikulum 2013, kreativitas seorang guru
dalam menyediakan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa
tentu dibutuhkan. Kebutuhan tersebut berkaitan dengan strategi pembelajaran
kurikulum 2013 yang materinya disampaikan dalam bentuk tema. Tema yang
digunakan pada pembelajaran tematik di kelas IV yaitu tema 8 “Daerah Tempat
Tinggalku”, subtema 1 “Lingkungan Tempat Tinggalku”, dan pembelajaran 3.
Pada tema tersebut penting untuk dibelajarkan di kelas IV, karena materi pada
tema tersebut menambah pengetahuan siswa mengenai potensi ekonomi atau
jenis-jenis pekerjaan yang ada di daerah tempat tinggalnya, dapat mengenal
berbagai karakteristik individu, dan dapat mengenal tokoh-tokoh pada cerita fiksi.
Berdasarkan informasi yang diperoleh melalui wawancara guru dan siswa
kelas IV SDN Kepatihan 01 Jember bahwa pada pembelajaran tematik siswa
hanya menggunakan media gambar atau media yang ada di kelas saja. Pada
wawancara yang telah dilakukan, peneliti memperoleh informasi mengenai
penggunaan media pembelajaran, daftar nilai dan nama siswa, proses
pembelajaran selama di kelas, dan sebagainya. Pada tema 8 subtema 1
pembelajaran 3 terdapat tiga mata pelajaran dengan KD sebagai berikut: (1) IPS
pada KD 3.3 yaitu mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan
berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan
sekitar sampai provinsi. KD 4.3 yaitu menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan
sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi; (2) PPKn pada KD 1.3
yaitu mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika. KD 2.3 yaitu
bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks
Bhinneka Tunggal Ika. KD 3.3 yaitu menjelaskan manfaat keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. KD 4.3 yaitu mengemukakan
manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari; dan (3)
Bahasa Indonesia pada KD 3.9 yaitu mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada
teks fiksi. KD 4.9 yaitu menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang
terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual. | en_US |