dc.description.abstract | Salah satu faktor penting dalam pelaksanaan pendidikan pada kurikulum 2013 yaitu adanya interaksi yang baik antara siswa dengan guru dalam proses pembelajaran. Guru SDN 2 Temurejo mengatakan bahwa guru masih terlihat dominan dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi. Salah satu strategi pembelajaran yang belum pernah digunakan oleh guru adalah strategi pembelajaran on board picture stories (OBPS). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Strategi Pembelajaran On Board Picture Stories (OBPS) terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pada siswa kelas IV SDN 2 Temurejo Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Strategi Pembelajaran On Board Picture Stories (OBPS) terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pada siswa kelas IV SDN 2 Temurejo Banyuwangi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan menggunakan pola penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Februari hingga 1 Maret 2019 di SDN 2 Temurejo Banyuwangi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Temurejo Banyuwangi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A dan IV B yang berjumlah 44 siswa.
Rerata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 77,90 sedangkan rerata hasil belajar kelas kontrol adalah 74,50. Selisih perbedaan rerata masing-masing kelompok sebesar 3,40. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil analisis uji t nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,143, signifikansi pada Sig. (2-tailed) = 0,038, sedangkan nilai ttabel diperoleh sebesar 2,021 pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu sebesar 2,143 > 2,021 dan signifikansi pada Sig. (2-tailed) = 0,038, jika koefisien lebih kecil dari 0,05 sebagai batas penolakan hipotesis nihil maka keputusannya H0 yang berbunyi tidak ada pengaruh signifikan penggunaan strategi pembelajaran on board picture stories (OBPS) terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pada Siswa Kelas IV di SDN 2 Temurejo Banyuwangi ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan penggunaan strategi pembelajaran on board picture stories (OBPS) terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pada Siswa Kelas IV di SDN 2 Temurejo Banyuwangi diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran on board picture stories (OBPS) terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pada Siswa Kelas IV di SDN 2 Temurejo Banyuwangi hasil belajarnya lebih baik dibanding dengan kelas yang tidak menggunakan strategi pembelajaran on board picture stories (OBPS). Hal ini dapat dilihat pada hasil penghitungan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa thitung 2,143 dan ttabel sebesar 2,021 maka thitung> ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diteirima. Saran yang dapat dapat diberikan adalah sebagai berikut (1) Bagi guru, diharapkan strategi pembelajaran on board picture stories (OBPS) dapat dijadikan sebagai bahan alternatif dalam menerapkan strategi pembelajaran on board picture stories (OBPS) pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi pihak sekolah, diharapkan dapat menjadi masukan bagi sekolah sebagai bahan pertimbangan dan masukan untuk peningkatan proses pembelajaran. (3) Bagi peneliti, diharapkan dapat dijadikan pengalaman selama melakukan penelitian mulai dari merumuskan masalah hingga terselesaikannya penelitian ini untuk mengetahui penelitian yang baik dan benar. | en_US |