Browsing by Title
Now showing items 55933-55952 of 87957
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK - PAIR - SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI PADA SISWA KELAS IV DI SDN WONOREJO 06 JEMBER
(2018-03-16)Pendidikan merupakan suatu perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan yang terjadi secara selaras dengan perubahan budaya kehidupan yang mengarah pada perbaikan pendidikan yang berlangsung secara ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Berbantuan Media Mading Budaya terhadap Karakter Siswa pada Kelas III Sekolah Dasar
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-08-01)Kurikulum yang digunakan di sekolah saat ini adalah kurikulum 2013 (K13). Kurikulum ini menerapkan pembelajaran terpadu dan utuh terhadap teori, praktikum, dan penanaman karakter yang diintegrasikan menjadi satu pembelajaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif terhadap Kemamapuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-08-04)Pembelajaran IPA memberikan pengalaman langsung pada siswa dalam pengembangan keterampilan mengeksplorasi secara alamiah yang membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan, mengembangkan kemampuan berpikir dan sikap ilmiah ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Media Kartu Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi
(Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-19)Pembelajaran Bahasa di SD perlu diberikan sebagai penunjang keberhasilan siswa mempelajari bidang studi lainnya. Peranan bahasa bagi siswa diantaranya dapat melakukan komunikasi dalam pembelajaran khususnya keterampila ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Metode Talking Stick Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2020-01-09)Fisika merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari dan menganalisis mengenai fenomena-fenomena alam dan gejala alam yang terdapat dilingkungan sekitar. Fisika termasuk mata pelajaran yang ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan Metode Ekperimen Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X di MAN 1 Jember
(2013-12-24)Pembelajaran fisika harus mencakup dua aspek yakni aspek produk dan aspek proses. Dalam mempelajari fisika tidak dapat dengan langsung mempelajari produknya saja akan tetapi diperlukan suatu kegiatan pembelajaran ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK- WRITE (TTW) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI MAN 1 JEMBER
(2013-12-27)Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen terhadap sikap ilmiah siswa kelas X di MAN 1 Jember. (2) Mengkaji pengaruh ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token menggunakan Media Question Card terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-28)Pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013, siswa harus mengembangkan sikap atau nilai spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan salah satunya melalui pembelajaran geografi. Kondisi di lapangan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF “GROUP INVESTIGATION ( DECISION” TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2011/2012
(2014-01-19)Mata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif dan deduktif. Pada umumnya, metode yang sering digunakan dalam pembelajaran fisika ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF “GROUP INVESTIGATION (GI)” DISERTAI “THREE-STAGE FISHBOWL DECISION” TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2011/2012
(2013-08-20)Mata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif dan deduktif. Pada umumnya, metode yang sering digunakan dalam pembelajaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis Stem Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan, 2022-06-14)Literasi sains rendah pada peserta didik Indonesia ini diduga disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang mana belum terorientasi dengan pengembangan literasi sains. Tentunya diperlukan penambahan tingkatan kemampuan literasi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E disertai PhET Simulations terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-14)Pembelajaran merupakan bantuan pendidik kepada siswa agar terjadi proses pertukaran ilmu dan pengetahuan, pembentukan sikap dan kepercayaan, serta penguasan kemahiran dan tabiat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan Permainan Monopoli Fisika terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-26)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan permainan monopoli fisika terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMA. Metode penelitian menggunakan penelitian quasi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa IPA SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-08-04)Pembelajaran IPA merupakan proses membantu siswa mengembangkan kompetensi pemahaman ilmiah melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, membuat hipotesis, menganalisis, menyimpulkan dan menerapkan dalam kehidupan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Together Disertai Teknik Concept Mapping Terhadap Kesadaran Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-07-16)Model Pembelajaran Learning Together adalah model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam suatu kelompok untuk menangani suatu tugas, model pembelajaran ini yang banyak diminati siswa karena mereka dapat bertukar ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMAN 2 Jember pada Materi Fungsi Kuadrat
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-27)Berpikir kreatif ialah kemampuan yang dimiliki setiap orang untuk memunculkan pemikiran baru dan memandang permasalahan dengan berbagai sudut pandang, sehingga didapatkan beragam solusi guna menyelesaikan suatu permasalahan. ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (POKOK BAHASAN EKOLOGI KELAS X TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI MAN 1 JEMBER)
(2017-10-20)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas X ... -
Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis STEM Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-15)Pengaruh pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan google classroom terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Penggunaan paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses ... -
Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbasis STEM menggunakan LKPD dan Modul Sistem Pernapasan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MTs Ashri Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-28)STEM adalah model pendekatan pembelajaran di bidang pendidikan yang memiliki tujuan untuk menjadikan peserta didik agar mampu bersaing dan memiliki suatu keahlian. STEM memiliki 4 aspek pengetahuan yang dikemas secara ... -
Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbasis STEM menggunakan LKPD dan Modul Sistem Pernapasan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MTs Ashri Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-29)STEM dalah model pembelajaran di bidang pendidikan yang memiliki tujuan untuk menjadikan peserta didik agar dapat bersaing dan memiliki suatu keahlian. STEM memiliki 4 aspek pengetahuan yang dikemas secara terintegrasi ...