Show simple item record

dc.contributor.authorEva Kumala Dewi
dc.date.accessioned2013-12-18T05:21:59Z
dc.date.available2013-12-18T05:21:59Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM050210192028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9996
dc.description.abstractFisika merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang menguraikan dan menjelaskan tentang unsur-unsur dalam bumi serta fenomenanya dan merupakan salah satu pelajaran di SMP. Pembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan proses untuk memperoleh konsep-konsep fisika dalam menumbuhkan nilai dan sikap ilmiah siswa. Dalam pembelajaran siswa tidak hanya sekedar menghafalkan rumus, tetapi siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan dalam diri mereka sendiri dengan peran aktifnya dalam proses belajar mengajar di Sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal di Kelas VIII-A SMP Negeri Sumber Kalong, didapatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A masih rendah kurang dari Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Berdasarkan Standar Ketuntasan Minimal (SKM ) siswa di SMPN Sumber Kalong dikatakan tuntas apabila telah memperoleh nilai ≥ 65 (Keputusan Kepala Sekolah SMPN Sumber Kalong). Dari hasil analisis data observasi awal pada tanggal 20 januari 2010 terhadap kelas VIII-A hasil belajar siswa yang terdiri atas 40 siswa, diketahui sebanyak 11 siswa (27,5%) dinyatakan tuntas belajar yang mendapatkan nilai ≥ 65 dan 29 siswa (72,5%) dinyatakan tidak tuntas <65, Hal ini didasarkan pada data ulangan harian pada materi yang sebelumnya. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya presentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 70,08 % dan berada pada kategori aktif. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya prosentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 82,83% dan berada dalam kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan sebelum adanya tindakan. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan adalah sebesar 27,5%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 65% dan pada siklus 2 sebesar 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan pembelajaran Strategi Pengelolaan Motivasional disertai presentasi tugas untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa Kelas VIII-A SMP Negeri Sumber Kalong. Strategi ini memiliki kelebihan yaitu siswa dapat aktif dan menciptakan respon yang dipecahkan oleh siswa, siswa diberi kesempatan untuk memilih tujuan yang sesuai dengan tingkat kesulitan, serta memberi pilihan dalam membentuk siswa untuk bekerjasama dalam kelompok dengan latar belakang berbeda dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII-A SMP Negeri Sumber Kalong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post- test, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan Strategi Pengelolaan motivasional disertai presentasi tugas dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa di kelas VIII-A SMP Negeri Sumber kalong dengan kategori sangat aktif; (2) Dengan menggunakan Strategi Pengelolaan motivasional disertai presentasi tugas dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa di kelas VIII-A SMP Negeri Sumber kalong sebesar 85%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192028;
dc.subjectKETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKAen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN STRATEGI PENGELOLAAN MOTIVASIONAL DISERTAI PRESENTASI TUGAS PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI SUMBER KALONG TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record