Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Gallery Batik Sisikmelik adalah salah satu usaha di bidang fashion batik
yang ada di Kabupaten Banyuwangi yang menjual berbagai macam produk kain
batik, baju jadi yang berbahan dasar batik serta menerima jahitan sesuai
permintaan dari konsumen, baik motif, ukuran, model sesuai dengan permintaan
konsumen. Produsen menjalankan usaha tersebut menggunakan komunikasi
pemasaran terpadu sebagai cara untuk mengenalkan produknya kepada calon
konsumen. Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh produsen diantaranya
periklanan melalui media cetak seperti spanduk dan reklame ruang ruangan,
media elektronik seperti siaran radio dan TV, dan melalui media internet seperti
instagram, facebook, dan whatsApp, penjualan personal, promosi penjualan
berupa pemberikan voucher belanja dan diskon yang tidak hanya diberikan di
outlet saja namun diberikan melalui akun instagram, hubungan masyarakat,
pemasaran langsung dan pemasaran via internet.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran
terpadu Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Subjek dalam
penelitian ini adalah pemilik Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi
sebagai informan utama, dimana informan utama dalam penelitian ini meliliki
kewenangan dalam menentukan strategi dan mempertimbangkan penggunaan
media komunikasi pemasaran terpadu yang akan digunakan, dan informan
pendukung dalam penelitian ini ada 3 orang konsumen dan 1 orang karyawan dari
Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Metode pengumpulan data
yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode
dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran
terpadu yang digunakan oleh Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi
untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan kuantitas penjualan yaitu yang
pertama dengan penggunakan periklanan melalui berbagai media diantaranya
media cetak berupa Koran, brosur, dan kartu nama, media internet berupa
instagram dan facebook. Kedua, dengan penjualan personal dalam bentuk
pemberian pelayanan yang maksimal kepada konsumen yang datang langsung ke
Gallery. Ketiga, dengan memberikan promosi penjualan berupa voucher belanja
bagi pelanggan tetap Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi,
pemberian diskon bagi pembeli yang melakukan pembelian di atas 15 pcs,
pemberian diskon 10% setiap melakukan pembelian bagi yang mempunyai
member card, dan pemberian diskon sebesar 80% dalam rangka Road to
Anniversary Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi yang ke 5 tahun,
serta dengan mengikuti kegiatan seperti Banyuwangi Ethno Carnival dan
Banyuwangi Batik Festival. Keempat, Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten
Banyuwangi juga menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat maupun
konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan citra baik dari masyarakat agar
menarik minat calon konsumen untuk melakukan pembelian. Kelima, Gallery
Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi memasarkan produknya secara langsung
kepada masyarakat tanpa melalui distributor atau perantara. Keenam, Gallery
Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi tidak hanya melakukan kegiatan
pemasaran secara konvensional saja, namun juga memlalu media internet yang
dapat digunakan sebagai media komunikasi pemasaran melalui instagram, dan
facebook.