Pengaruh Metode Bimbingan Coaching dan Motivasi Terhadap Kompetensi Rawat Luka
Date
2019-12-01Author
HANDAYANI, Dwining
HUDA, Nurul
CAHYONO, Bagus Dwi
Metadata
Show full item recordAbstract
Komponen utama dalam pembelajaran terutama di laboratorium adalah penggunaan
bimbingan oleh para fasilitator klinis mengenai suatu keterampilan. Selama ini ketrampilan yang
dilakukan mahasiswa Akademi keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan yang hasilnya kurang
memuaskan adalah kompetensi rawat luka, sedangkan metode yang digunakan adalah
demonstrasi.Secara teori metode coching dapat digunakan sebagai salah satu teknik dalam
proses pembelajaran di laboratorium dalam meningkatkan kompetensi. Motivasi juga merupakan
factor yang kuat dalam meningkatkan minat, kemauan, dan antusiasme dalam belajar. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bimbingan pelatihan dan motivasi kompetensi
perawatan luka di Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan. Desain penelitian yaitu
studi eksperimental dengan menggunakan Randomized Controlled Trial (RCT). Sampel
sebanyak 86 mahasiswa dipilih dengan teknik sampling lengkap. Metode demonstrasi digunakan
untuk perbandingan. Data dikumpulkan dengan observasi dan kuesioner standard. Data
dianalisis dengan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan metode bimbingan
yang signifikan (b = 5,09, p = 0,009) dan motivasi (b =0,33, p = 0,06) dari kompetensi rawat luka
untuk mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan dan secara tatistik hyasilnya
signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan metode bimbingan coching untuk
meningkatkan kompetensi mahasiawa lebih efektif dibandingkan dengan metode demonstrasi.
Disarankan untuk semua dosen menggunakan metode pembelajaran, bimbingan coching untuk
pembelajaran praktikum di laboratorium.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]