Hubungan Indeks Kepuasan Pasien tentang Mutu Pelayanan Dimensi Kehandalan dengan Minat Berobat Kembali di RSD Kalisat Kabupaten Jember (Correlation between Patient Satisfaction Index in Reliability of Service Quality and Utility at RSD Kalisat Jember)
Date
2018-05-01Author
AMALIA, Davina
RACHMAWATI, Dwita Aryadina
HAIRRUDIN, Hairrudin
Metadata
Show full item recordAbstract
RSD Kalisat merupakan salah satu rumah sakit yang sangat mementingkan mutu pelayanan
kesehatan. Dimensi kehandalan mutu pelayanan sering dipersepsikan menjadi yang paling
penting bagi pelanggan dari bagian industri jasa. Mutu pelayanan sangat berpengaruh pada
kepuasan pasien, jika pelayanan kesehatan yang diberikan baik, maka pasien akan merasa
puas dan kemungkinan untuk menggunakan kembali jasa di instansi pelayanan kesehatan
yang terkait lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan indeks
kepuasan pasien tentang mutu pelayanan dimensi kehandalan dengan minat berobat kembali
di RSD Kalisat. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel
sebanyak 84 responden. Instrumen yang digunakan adalah profil RSD Kalisat dan kuesioner
untuk mengetahui indeks kepuasan pasien tentang mutu pelayanan dimensi kehandalan dan
pernyataan minat berobat kembali. Hasil uji statistik dengan uji korelasi Spearman’s Rho
menunjukkan nilai signifikansi (p=0,021) dan koefisien korelasi (r=0,252). Dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara indeks kepuasan pasien tentang mutu
pelayanan dimensi kehandalan dengan minat berobat kembali di RSD Kalisat Kabupaten
Jember dengan korelasi yang lemah.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]