• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Gaya Berpikir Gregorc

    Thumbnail
    View/Open
    Erika Wahyu Ningtias - 160210101005_.pdf (2.214Mb)
    Date
    2020
    Author
    NINGTIAS, Erika Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metakognisi menurut Ormrod (2008) berarti “berpikir mengenai berpikir”. Selain itu metakognisi juga merupakan usaha sadar siswa dalam berperilaku dan berpikir untuk meningkatkan proses belajarnya. Kemampuan metakognisi memungkinkan siswa dapat menyadari tentang proses berpikirnya dan dapat mengevaluasi hasil dari pikirannya. Kebanyakan siswa mengalami kesalahan saat menyelesaikan permasalahan matematika dalam bentuk soal cerita. Soal cerita matematika merupakan soal matematika yang disajikan dalam bentuk cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kemampuan menyelesaikan masalah dapat dilatih dengan menyelesaikan permasalahan dalam bentuk soal cerita dimana dalam menyelesaikan soal cerita diperlukan langkah-langkah dan strategi yang tepat dan hal seperti inilah yang sangat diperlukan untuk mengetahui kemampuan metakognisi dari siswa. Dalam menyelesaikan soal cerita strategi atau cara yang digunakan oleh siswa satu dengan siswa lainnya berbeda, salah satu penyebabnya yaitu karena kemampuan berpikir yang dimiliki oleh masingmasing siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan Barisan dan Deret Aritmetika ditinjau dari gaya berpikir Sekuensial Konkret, Sekuensial Abstrak, Acak Konkret dan Acak Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan Barisan dan Deret Aritmetika ditinjau dari gaya berpikir Sekuensial Abstrak, Acak Konkret dan Acak Abstrak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskripif pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari delapan siswa dari kelas XI IPA 1 MAN 2 Jember. Intrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, angket gaya berpikir Gregorc, soal tes cerita pokok bahasan Barisan dan Deret Aritmetika, serta pedoman wawancara. Berdasarkan analisis data instrumen, semua intrumen tersebut dinyatakan valid. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes yang meliputi angket gaya berpikir dan soal cerita pokok bahasan Barisan dan Deret Aritmetika serta wawancara. Fokus penelitian ini yaitu dua siswa Sekuensial Konkret, dua siswa Sekuensial Abstrak, dua siswa Acak Konkret, dan dua siswa Acak Abstrak. Subjek yang terpilih akan dilakukan wawancara lebih lanjut. Berdasarkan hasil tes dan wawancara yang dilakukan, seluruh subjek melakukan kegiatan metakognisi. Siswa Sekuensial Konkret mampu melakukan kegiatan metakognisi yang meliputi Perencanaan (Planning), Pemantauan (Monitoring), dan Evaluasi (Evaluating) dengan lengkap yang ditunjukkan dengan tercapainya semua indikator dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan Barisan dan Deret Aritmetika. Siswa Sekuensial Abstrak mampu melakukan kegiatan Perencanaan (Monitoring), dan Evaluasi (Evaluating) dengan lengkap yang ditunjukkan dengan tercapainya semua indikator namun pada kegiatan Pemantauan (Monitoring) terdapat satu indikator yang tidak tercapai dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan Barisan dan Deret Aritmetika yaitu tidak mampu menguji atau memerika kembali bahwa hasil yang diperoleh sudah sesuai dengan apa yang ditanyakan. Siswa Acak Konkret mampu melakukan kegiatan Perencanaan (Planning) dengan lengkap namun pada kegiatan Pemantauan (Monitoring), dan Evaluasi (Evaluating) terdapat beberapa indikator yang tidak tercapai dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan Barisan dan Deret Aritmetika yaitu tidak mampu memperoleh hasil penyelesaian soal dengan tepat, tidak mampu menguji atau memeriksa kembali bahwa hasil yang diperoleh sudah sesuai dengan apa yang ditanyakan, serta tidak mampu menuliskan serta menjelaskan kesimpulan dari soal dengan tepat. Sedangkan untuk Siswa Sekuensial Abstrak melakukan kegiatan Perencanaan (Planning), Pemantauan (Monitoring), dan Evaluasi (Evaluating) dengan kurang lengkap karena ada beberapa indikator yang tidak tercapai.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99488
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15277]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository