• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Diagram Berpikir Multidimensi dalam Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Siswa SMA pada Materi Fluida Statis

    Thumbnail
    View/Open
    Fiska Anjani - 160210102047_.pdf (3.869Mb)
    Date
    2020-01
    Author
    ANJANI, Fiska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan dalam suatu pembelajaran fisika yang diperlukan pada saat kondisi dunia abad 21 ini adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu keterampilan tingkat tinggi adalah keterampilan bernalar. Salah satu keterampilan bernalar yang saat ini mendapatkan banyak perhatian dari para peneliti dan pendidik adalah keterampilan berbasis bukti, yang salah satunya adalah scientific reasoning. Secara umum, penalaran ilmiah (scientific reasoning) adalah suatu kemampuan berargumentasi atau menjelaskan suatu konsep pengetahuan menggunakan prinsip ilmiah untuk membangun pemahaman yang mendalam. Penalaran ilmiah memiliki lima indikator pola penalaran ilmiah yaitu conservation reasoning, correlational reasoning, identification and control of variable, proportional reasoning, dan probabilistic reasoning. Penalaran ilmiah (scientific reasoning) dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam menjelaskan suatu konsep dengan baik dan mendalam, serta siswa dapat membangun suatu argumentasi untuk membantu siswa mengembangkan penalaran. Berdasarkan penelitian-penelitian yang dirujuk, dapt diketahui bahwa keberadan scientific reasoning siswa masih lemah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya belum diterapkannya proses pembelajaran yang mendukung siswa untuk terlibat secara aktif dalam menemukan suatu konsep, karena penguasaan konsep berhubungan dengan penalaran ilmiah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99333
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3451]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository