Implementasi Digital Marketing pada UD Primadona Jember
Abstract
UD Primadona merupakan salah satu UMKM di Jember yang
memproduksi makanan khas Jember. Sebagai produsen makanan khas Jember
tertua yang sudah beroperasi dari tahun 1982 UD Primadona terus berusaha
mengikuti perkembangan zaman dalam memasarkan produknya agar tetap
menjadi pilihan konsumen dan dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.
Tidak hanya memasarkan produknya melalui offline atau dengan toko fisik yang
sudah dijalankan sejak awal produksi, kini UD Primadona juga memasarkan
produknya secara online melalui digital marketing. Beberapa digital marketing
yang digunakan UD Primadona dalam memasarkan produknya adalah website,
WhatsApp, Facebook, Instagram, Shopee dan Gojek. Meskipun begitu pemasaran
melalui digital marketing yang dilakukan oleh UD Primadona belum berjalan
maksimal. Belum adanya admin khusus membuat pemasaran melalui akun-akun
digital marketing yang digunakan jarang di update/perbarui seperti post foto yang
dilakukan pada akun Instagram dan Facebooknya. Begitupun dengan katalog pada
akun website, Shopee dan Gofood di aplikasi Gojek yang sudah lama tidak lagi di
perbarui sehingga banyak produk-produk hasil produksi UD Primadona yang
belum terdaftar.