Hubungan Antara Metode Pelatihan Dengan Kreativitas Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin DI Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Hermin Jepara
Abstract
Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Hermin merupakan salah satu
lembaga kursus dan pelatihan yang telah bekerjasama dengan pemerintah
Kabupaten Jepara dalam menyelenggarakan berbagai kursus dan pelatihan untuk
masyarakat Jepara. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dikarenakan
peserta didik tersebut memiliki kesenjangan daya serap dalam menerima materi
yang dismpaikan oleh pendidik atau tutor dan cenderung menerima apa yang
disampaikan oleh pendidik atau tutor serta tidak mau berfikir untuk memiliki ciri
khas dan kreativitas dalam riasannya, sehingga hasil riasan dari peserta pelatihan
pun masih monoton kurang menarik, kreatif dan inivatif serta cenderung kuno.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini. Adakah hubungan antara metode
pelatihan dengan kreativitas peserta pelatihan tata rias pengantin di Lembaga
Kursus dan Pelaihan (LKP) Hermin Jepara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui Hubungan antara metode pelatihan dengan kreativitas peserta
pelatihan tata rias pengantin di Lembaga Kursus dan Pelaihan (LKP) Hermin
Jepara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi tata
jenjang. Lokasi penentuan tempat yaitu Purposive Area. Teknik penentuan
responden menggunakan teknik populasi. Waktu yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 6 bulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
penyebaran angket, dokumentasi serta observasi sebagai data tambahan
penyebaran angket. Hasil dari pengisian lembar angket yang sudah dibagikan
kepada responden yaitu peserta pelatihan LKP Hermin yang berjumlah 18 orang,