Perencanaan Perkerasan Kaku dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan Aashto 1993 di Jalan Alternatif Ajung – Rambipuji
Abstract
Jalan raya di Kabupaten Jember merupakan prasarana transportasi untuk
aktivitas penduduk yang melibatkan kegiatan ekonomi, sosial, budaya, serta
pendidikan. Volume lalu lintas semakin meningkat seiring bertambahnya tahun
mengakibatkan antrian kendaraan di ruas – ruas jalan tertentu, salah satunya
adalah Jalan Raya Rambipuji. Jalan alternatif Ajung – Rambipuji dengan
perkerasan kaku menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kemacetan yang
terjadi di Jalan Raya Rambipuji. Jalan yang direncanakan menghubungkan Desa
Pancakarya, Kecamatan Ajung – Desa Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji
sepanjang 10,4 km dan lebar jalan 7 meter untuk 2 jalur.
Metode yang digunakan untuk perencanaan perkerasan kaku sebagai jalan
alternatif Ajung – Rambipuji adalah Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan
AASHTO 1993. Data yang dibutuhkan untuk perencanaan perkerasan kaku antara
lain ; Data Lalu lintas harian rata – rata di kawasan Desa Pancakarya, Kecamatan
Ajung dan di kawasan Desa Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji, serta data nilai
CBR yang diperoleh dari penelitian terdahulu yang sudah diolah. Selanjutnya,
data – data tersebut dimasukkan dalam perhitungan penentuan tebal plat jalan
perkerasan kaku.
Hasil perhitungan perencanaan perkerasan kaku dengan metode Manual
Desain Perkerasan Jalan 2017 menghasilkan jenis perkerasan beton semen
menerus dengan tulangan, tebal plat jalan 285 mm, lapis beton kurus (LMC) 100
mm, lapis drainase 150 mm, sambungan antar pelat beton menggunakan dowel,
tulangan memanjang digunakan ulir D16 – 100, dan tulangan melintang
digunakan ulir D16 – 400. Perhitungan dengan metode AASHTO 1993 menghasilkan jenis perkerasan beton semen menerus dengan tulangan, tebal plat
jalan 291 mm, sambungan antar pelat beton menggunakan dowel, tulangan
memanjang digunakan ulir D19 – 100, dan tulangan melintang digunakan ulir
D16 – 400.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]